Advertisement

Bingung Mau Booster di Mana, RS Panembahan Senopati Buka Layanan Vaksin Dosis III

Ujang Hasanudin
Minggu, 03 April 2022 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Bingung Mau Booster di Mana, RS Panembahan Senopati Buka Layanan Vaksin Dosis III Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Dok. Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Rumah Sakit Panembahan Senopati (RSPS) Bantul membuka layanan vaksinasi dosis ketiga atau booster selama Ramadan. Lokasinya tepat di halaman parkir barat rumah RSPS.

Kepala Subbag Hukum, Pemasaran dan Kemitraan RSPS Bantul, Siti Rahayuningsih mengatakan pembukaan vaksinasi booster dilakukan setiap Sabtu selama April, yakni setiap tanggal 2, 9, 16, dan 23. Masyarakat yang ingin mengaksisnya bisa langsung daftar melalui Google Form https://bit.ly/3uwzz9q atau datang langsung.

“Kuota tidak kami batasi, yang penting calon yang akan divaksin memenuhi syarat,” kata Siti, Minggu (3/4/2022).

Syarat tersebut di antaranya adalah calon yang akan divaksin sudah berusia di atas 18 tahun dan telah mendapatkan vaksinasi primer lengkap, di mana jarak dengan dosis kedua minimal tiga bulan.

Selain itu, calon penerima booster juga harus membawa kartu vaksin atau menunjukan sertifikat vaksin dari aplikasi Peduli Lindungi, membawa fotokopi KTP/KK, serta dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19.

Sementara untuk jenis vaksinnya, Siti mengatakan tergantung kesediaan stok yang ada di instalasi Dinas Kesehatan Bantul, bisa Sinovac, Pfizer, AstraZeneca dan Moderna,

“Tergantung stok yang ada, kami manut Dinas Kesehatan yang di-droping dari Dinkes merek apa ya itu yang akan kami suntikan,” ujar Siti.

Sementara yang mengakses vaksin booster pada Sabtu (2/3/2022) lalu, diakui Siti ada lebih kurang 100 orang yang mengakses. Menurutnya akses vaksin booster cukup tinggi terlebih ada kebijakan pemerintah yang mensyaratkan booster sebagai syarat perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Namun demikian Siti mengaku layanan vaksin booster di RSPS tidak ada kaitannya dengan syarat mudik. Pihaknya rutin menggelar layanan vaksinasi karena merupakan salah satu rumah sakit milik daerah yang ditunjuk untuk mempercepat capaian vaksinasi.

“Tetapi kalau masyarakat memanfaatkan untuk kepentingan mudik silahkan. Layanan vaksin booster ini bebas untuk warga Bantul maupun luar Bantul,” kata Siti.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Wow! Ada Gelar Budaya di Kaliurang

Wow! Ada Gelar Budaya di Kaliurang

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

14 Agustus Hari Pramuka, Ini Sejarahnya

News
| Minggu, 14 Agustus 2022, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement