Advertisement

Begini Strategi Sultan Pulihkan Pariwisata Jogja  

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 13 April 2022 - 11:47 WIB
Bhekti Suryani
Begini Strategi Sultan Pulihkan Pariwisata Jogja    Gubernur DIY, Sri Sultan HB X (tengah) saat Diskusi Pariwisata Seri 1 Road to Yogyakarta as a Responsible Tourism, Selasa (12/4/2022) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah DIY berupaya memulihkan sektor pariwisata di wilayah ini setelah dihantam pandemi beberapa tahun terakhir.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY bersama dengan Pemda DIY dan industri pariwisata bersinergi meningkatkan nilai tambah pariwisata DIY. Menjadikan Yogyakarta as a Responsible Tourism Destination untuk menciptakan nilai tambah pariwisata, percepatan pemulihan ekonomi dan mendukung presidensi G20.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam sambutannya menyampaikan langkah-langkah strategis untuk mempercepat proses pemulihan sektor pariwisata, yaitu reformulasi produk dengan menciptakan event-event festival pariwisata tematik. Kedua, pengembangan pariwisata sebagai Industri, melakukan integrasi horizontal antar sektor-sektor bisnis, dengan menciptakan produk-produk baru atau diferensiasi produk. 

Ketiga, kemitraan sinergis, membangun jaringan kerjasama sinergis antar pengelola obyek, biro perjalanan wisata, Dinas/Kanwil Pariwisata antar Provinsi dan seluruh insan pariwisata lainnya. “Keempat, pemasaran objek wisata didesain dengan mengadopsi semangat co-opetition dan co-creation di dalam suatu jaringan aliansi strategis,” ucapnya, dalam Diskusi Pariwisata Seri #1 Road to Yogyakarta as a Responsible Tourism, Selasa (12/4/2022).

Kepala Perwakilan BI DIY, Budiharto Setyawan, menyampaikan salah satu upaya untuk mewujudkan Yogyakarta as a Responsible Tourism Destination adalah melalui pengembangan wisata berkualitas (quality tourism). “Quality tourism merupakan pariwisata berkelanjutan yang memiliki daya saing sebagai prasyarat awal untuk dapat memberikan pengalaman unik, memberikan nilai tambah kepada pelaku usaha dan wisatawan, mengangkat budaya lokal dan lainnya. Dalam rangka mewujudkan quality tourism di DIY, terdapat tiga langkah strategis,” ucap Budiharto.

 BACA JUGA: Menteri Airlangga Sambut Baik Dukungan Tiongkok Dalam Presidensi G20

Pertama, mendorong aktivitas Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE). Dengan target wisatawan yang spendingnya lebih besar dibandingkan leisure traveler dan mass tourism. Kedua, penataan calendar of event, khususnya event skala nasional dan internasional, guna mendorong peningkatan length of stay wisatawan. Ketiga, memperkuat aspek pemasaran, antara lain melalui branding dan promosi yang masif dan berkelanjutan untuk mengangkat pariwisata berkualitas di DIY.

BI juga turut berperan dalam mendorong transformasi digital di sektor pariwisata DIY, khususnya untuk transaksi pembayaran. Transaksi uang elektronik pada 2021 meningkat sebesar 84,55% (yoy) menjadi Rp5,44 triliun dibandingkan 2020. Penggunaan transaksi nontunai berbasis kartu selama 2021 juga meningkat sebesar 5,44% menjadi Rp91 triliun. Selain itu, BI DIY juga terus mendorong akselerasi dan perluasan penggunaan QRIS di DIY. Jumlah merchant QRIS di DIY mencapai 382.000 atau meningkat sebesar 8,8% dibandingkan 2021. Pada Februari 2022, nilai transaksi QRIS meningkat 352,05% (yoy) menjadi Rp71,554 miliar. BI DIY bersama Pemda DIY dan BPD DIY berkomitmen untuk terus mengakselerasi QRIS SIAP Pariwisata di destinasi wisata DIY dan pelaku pariwisata di DIY. 

Pada kesempatan dimaksud, juga dilakukan serah terima bantuan Program Sosial Bank Indonesia untuk mendukung pengembangan Local Economic Development di Desa Sidoharjo, Kulonprogo untuk komoditas kopi dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sidoharjo, Launching 500 QRIS Destinasi Wisata DIY dan penandatangan komitmen bersama seluruh instansi yang hadir, untuk berkomitmen menciptakan Jogja as a Responsible Tourism Destination 2022. Kegiatan ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi lintas otoritas sebagai kelanjutan dari Pentahelix Pariwisata yang telah diinisiasi sejak 2020.  (*).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement