Advertisement

Toko Kelontong di Kulonprogo Dilalap Api, Kerugian Capai Puluhan Juta Rupiah

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 18 April 2022 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Toko Kelontong di Kulonprogo Dilalap Api, Kerugian Capai Puluhan Juta Rupiah Pemadam kebakaran bersama warga memadamkan api yang melalap toko kelontong di Gunung Pentul, Karangsari, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, Senin (18/4/2022). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebuah toko kelontong yang ada berlokasi di Gunung Pentul, Kalurahan Karangsari, kapanewon Pengasih, Kulonprogo ludes dilalap si jago merah, Senin (18/4/2022). Akibatnya, pemilik toko mengalami kerugian yang ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Pemilik toko kelontong, Wanti, 41, mengatakan kebakaran berawal ketika dia tengah menuangkan Pertamax dari jeriken besar ke dalam botol kecil ukuran satu liter menggunakan selang.

Advertisement

BACA JUGA: 12.000 Penumpang per Hari Diprediksi Memadati Bandara YIA Jelang Lebaran

Di saat yang bersamaan, Wanti juga tengah melayani seorang sales produk yang tengah menyetorkan barang ke lapaknya. Diduga lalai, selang yang digunakan untuk menuang bensin justru terlepas hingga bensin luber di lantai.

"Kebetulan di dapur sedang memasak menggunakan tungku kayu. Ketika selang lepas, bensin luber hingga ke dekat dapur. Api dari tungku kemudian menyambar bensin yang berlumuran. Setelah itu, api melalap sejumlah barang dan sudut bangunan toko," kata Wanti, Senin.

Akibatnya, nyaris seluruh barang di lapaknya terbakar oleh api. Wanti juga harus menerima kerugian hingga puluhan juta rupiah. 

Sementara itu, Komandan Regu Pemadam Kebakaran (Damkar) Kulonprogo, Purwaka mengatakan upaya memadamkan api yang dilakukan oleh jawatannya kurang lebih memakan waktu hampir 30 menit.

"Kami menggunakan dua armada truk tangki milik Damkar Kulonprogo untuk memadamkan api. Air yang kami gunakan untuk pemadaman sekitar 5.000 liter. Untuk total kerugian belum bisa dihitung secara pasti," ujar Purwaka.

Dia mengimbau agar masyarakat di Kulonprogo untuk lebih waspada dan tidak lengah saat melakukan kegiatan yang rentan timbul dampak kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement