Advertisement

Rayakan Hari Kartini, RAY Gandeng Paguyuban Pencinta Batik Indonesia

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 21 April 2022 - 19:54 WIB
Arief Junianto
Rayakan Hari Kartini, RAY Gandeng Paguyuban Pencinta Batik Indonesia Fashion show saat perayaan Hari Kartini di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (21/4/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Royal Ambarrukmo Yogyakarta bersama dengan Paguyuban Pencinta Batik Indonesia (PPBI) Sekar Jagad berkolaborasi merayakan Hari Kartini, Kamis (21/4/2022).

Dalam perayaan Hari Kartini tersebut, tema utama yang diusung adalah Semangat Kartini Untuk Perempuan Berdaya Juang Tangguh. Tema ini dipilih dengan maksud untuk aksi pemberdayaan perempuan masa kini yang berjuang penuh semangat, utamanya di masa pandemi dengan berbagai peranan kehidupan yang dijalani.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kini bukan hanya pendidikan yang setara dengan laki-laki seperti cita-cita awal seorang RA Kartini, tetapi lebih meluas pada kesetaraan perempuan dengan laki-laki di berbagai ranah kehidupan.

BACA JUGA: Konsumsi BBM saat Mudik Bakal Melonjak, Segini Angka Prediksi Pertamina

Di masa pandemi ini pun wanita semakin nampak juga turut menjadi penggerak ekonomi rumah tangga, selain perannya menjadi seorang ibu, istri dan teman sekaligus pendidik bagi anak-anak dalam kesehariannya di tengah bermacam kesibukan mereka.

Salah satunya kreativitas dan inovasi perempuan yang mengembangkan UMKM di bidang produksi makanan, minuman, kerajinan, batik, dan dekorasi yang ditampilkan juga di kegiatan Bedug Ramadhan.

Tangguhnya perempuan atau Kartini masa kini patut diapresiasi dengan dorongan positif dan lingkungan yang mendukung kebahagiaan dan semangatnya agar dapat terus turut andil dalam berbagai hal, termasuk karier dalam pekerjaan.

Di perayaan Kartini kali ini yang agak berbeda ialah PPBI Sekar Jagad turut menggandeng tiga desainer kenamaan yaitu Lia Mustafa, Iffah M. Dewi dan Philip Iswardono yang akan menampilkan karya-karya busana muslim sebagai wujud semangat Ramadhan untuk persiapan menyongsong hari kemenangan di Idulfitri nanti.

BACA JUGA: Sempat Merugi, Pria Ini Kini Sukses lewat Bisnis Clothing Karakter Hewan

Penampilan karya-karya busana muslim ini dibawakan oleh para anggota Sekar Jagad dengan 15 karya terbaru dari tiga desainer tersebut.

Juga dibacakan pula tiga buah puisi Kartini karya beberapa tokoh muda Indonesia yang menjiwai semangat Kartini oleh para perempuan muda dari sahabat Royal Ambarrukmo Yogyakarta melalui Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta. Acara kemudian ditutup menjelang waktu buka puasa dengan siraman rohani dari Hj. RAy. Sitoresmi.

Penasihat PPBI Sekar Jagad, GKBRAA Paku Alam X mengatakan ada teladan yang bisa dipetik dari Kartini, bagaimana perempuan berdaya tangguh dan perjuangannya mengangkat derajat perempuan. "Daya juang ini mendorong agar tidak putus asa, terlebih di masa pandemi. Menjadi semakin tangguh ditempa permasalahan," ucapnya.

GKBRAA Paku Alam X juga mengajak selalu bersyukur, menggunakan nalar jernih, mempertimbangkan suatu tindakan mendudukan permasalahan dengan skala prioritas. "Didasarkan rasa cinta budaya bangsa. Masa mendatang bisa mewariskan semangat Kartini," katanya.

General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois mengatakan perempuan telah banyak mengambil peran luar biasa dalam kehidupan. Ia juga mendorong munculnya General Manager Hotel perempuan. "Perempuan telah mengambil peran luar biasa," ucap Herman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Venue Konser Dewa 19, JIS Dikritik, Standar FIFA Dibahas Lagi

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement