Advertisement

Wow, 4 Juta Pemudik dan Wisatawan Diprediksi Padati Jogja saat Lebaran

Yosef Leon
Sabtu, 23 April 2022 - 04:27 WIB
Arief Junianto
Wow, 4 Juta Pemudik dan Wisatawan Diprediksi Padati Jogja saat Lebaran rnPetugas memaksa kendaraan yang diduga pemudik untuk putar balik di Posko Pemantauan di Prambanan, Sleman, Jumat (7/5/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja,com. JOGJA--Dengan diberikannya lampu hijau kebijakan mudik, Kota Jogja bakal dipenuhi oleh para wisatawan dan para pemudik pada masa libur Lebaran mendatang. Tak tanggung-tanggung, Dishub Jogja memprediksi setidaknya ada 3,9 juta sampai empat juta kendaraan yang bakal masuk ke Jogja. 

"Kami prediksi ada sekitar empat juta kendaraan yang bakal masuk ke Jogja. Ini kita bukan bicara pemudik tapi juga wisatawan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Agus Arif Nugroho, Jumat (22/4/2022). 

Advertisement

BACA JUGA: Bebas! Tidak Ada Penyekatan Kendaraan Saat Libur Lebaran di Jogja

Menurut Agus, manajemen lalu lintas saja tidak akan cukup untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di wilayah itu. Oleh karenanya, pihaknya mengimbau agar pemudik dan wisatawan untuk menggunakan kendaraan publik saat berpelesir ke sejumlah tempat di Kota Jogja. 

"Kondisi kota kan kecil, makanya kita akan mendorong penggunaan transportasi publik karena jelas kalau dikatakan cukup tidak akan pernah cukup kalau dibilang manajemen lalu lintas," katanya. 

Agus menyebut, tidak akan ada manajemen lalu lintas yang ideal diterapkan jika empat juta kendaraan masuk ke wilayah itu. Alternatif pilihan hanya jatuh pada penggunaan transportasi publik baik yang reguler maupun yang lainnya. 

"Makanya harus pakai transportasi publik baik yang online maupun yang sudah memiliki trayek. Jadi tidak harus bawa kendaraan. Meskipun kami terus memetakan dan upayakan bagaimana yang harus dilakukan agar lalu lintas lancar," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement