Advertisement

Jelang Lebaran, 38,8% Hotel dan Resto di DIY Sudah Di-booking

Anisatul Umah
Senin, 25 April 2022 - 10:47 WIB
Budi Cahyana
Jelang Lebaran, 38,8% Hotel dan Resto di DIY Sudah Di-booking Malioboro, ikon wisata yang menarik banyak pengunjung. - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Perayaan Lebaran Idulfitri 1443 H masih sekitar satu pekan lagi. Namun pemesanan hotel dan resto di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah mencapai 38,8%.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono. Dia mengatakan hotel dan resto sudah diorder untuk periode tanggal 1-9 Mei 2022.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"PHRI sudah sangat siap [menyambut Lebaran].Okupansi hotel dan resto jelas akan naik, berdasar reservasi yang masuk periode tanggal 1 sampai dengan 9 Mei capai 38,8%," ungkapnya, Senin (25/4/2022).

Dia menargetkan pada bulan Mei 2022 rata-rata okupansi akan mencapai 80%. Atau mengalami kenaikan sekitar 30% dibandingkan dengan hari-hari biasa.  

Dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jogja yang kini ada di level dua, protol kesehatan masih akan tetap diterapkan. Pelayanan akan mengutamakan rasa aman, nyaman, dan sehat.

"Tentunya protokol kesehatan tidak dikesampingkan, karena pandemi belum berakhir, yang penting kesehatan dan ekonomi bisa berjalan seimbang," jelasnya.

Pemerintah kembali mengizinkan mudik lebaran tahun 2022 ini setelah dua tahun dilakukan pelarangan. Lalu apakah jumlah pengunjung akan meningkat melebihi tahun 2019 sebelum Covid?

Mengenai hal ini Deddy belum bisa memastikan. Namun berdasarkan reservasi yang ada, diperkirakan akan mendekati tahun 2019 sebelum Covid melanda.

"Kita belum tahu, tapi berdasar prediksi dan reservasi yang berjalan, kelihatannya mendekatai lebaran sebelum Covid," tuturnya.

Sebelumnya, berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), DIY menjadi daerah tujuan perjalanan terbanyak kelima secara nasional. Sebanyak 3,9 juta orang akan mudik ke DIY. Sebagai kota wisata, tentu peningkatan jumlah pelaku perjalanan menjadi peluang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demo Aremania Ricuh, Polisi: Ada 3 Orang Alami Luka-Luka

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement