Advertisement

DPAD DIY Gelar pemilihan Duta Arsip 2022

Media Digital
Rabu, 27 April 2022 - 06:27 WIB
Jumali
DPAD DIY Gelar pemilihan Duta Arsip 2022 Seleksi Duta Arsip 2022 / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menggelar seleksi Duta Arsip Tahun 2022. Program ini menjadi salah satu upaya untuk memberikan pemahaman masyarakat terkait arsip. Karena duta terpilih nantinya akan membantu DPAD dalam mensosialisasi arsip ke masyarakat.

Sub Koordinator Jabatan Fungsional Kelompok Substansi Layanan Arsip DPAD DIY Budi Santoso S.S., MA menjelaskan program pemilihan Duta Arsip 2022 ini merupakan pertama kali digelar. Duta arsip yang terpilih diharapkan menjadi kepanjangan tangan DPAD untuk lebih memasyarakatkan arsip. Mereka akan membantu DPAD DIY dalam upaya mempromosikan arsip, agar arsip lebih dekat dan diketahui masyarakat. Sehingga masyarakat menyadari arti pentingnya suatu arsip.

“Selain itu kami mengikutsertakan duta arsip terpilih ke sejumlah kegiatan DPAD, membantu sosialisasi ke masyarakat terkait arsip. Tugas mereka berlaku sampai nanti dilakukan pemilihan ditas arsip lagi, tetapi untuk tahun depan kami pastikan masih akan menggunakan duta arsip terpilih 2022 untuk membantu DPAD dalam promosi kearsipan,” katanya, Selasa (26/4/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Ia berharap duta arsip terpilih dalam mempromosikan arsip tidak lepas dari aktivitasnya selama ini yang dilakukan. Sehingga mensyaratkan mereka agar memiliki komunitas maupun aktif di organsiasi. Baik melalui komunitas luring maupun daring seperti media sosial. Karena lewat komunitas tersebut seperti melalui follower medsos dari duta arsip terpilih sehingga bisa menginformasikan ke masyarakat tentang program kearsipan.

“Tentunya objek sosialisasi oleh duta arsip ini adalah masyarakat seluas-luasnya tanpa ada batasan usia. Untuk dunia sekarang seperti kepemilikan akun medsos memang menjadi tuntutan bersosialisasi, seperti memiliki follower medsos banyak tentu akan menjadi nilai tambah dalam proses seleksi,” ujarnya.

Saat ini arsip memang belum banyak diketahui masyarakat sehingga program Duta Arsip ini menjadi penting. Masyarakat belum bisa menilai penting atau tidaknya suatu arsip jika belum mengetahui, sehingga mereka harus diberikan sosialisasi agar lebih dahulu mengetahui.

“Ini menjadi tujuan kami bagaimana supaya masyarakat mengetahui lebih dahulu tentang arsip, diberikan pemahaman. Dari sini kemudian diarahkan supaya memahami pentingnya keberadaan arsip,” ujarnya.

Adapun pendaftaran peserta dibuka mulai 27 April hingga 27 Mei 2022, seleksi tahap awal pada 9 Juni hingga 22 Juni 2022 dan pengumuman babak final pada 23 Juni 2022. Adapun untuk seleksi wawancara direncanakan pada 28 Juni 2022 dan pengumuman pemenang pada 30 Juni 2022. Pemenang lomba Duta Arsip 2022 antara lain juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2 masing-masing satu orang. Khusus untuk juara 1 akan nobatkan sebagai juara terpilih Duta Arsip Tahun 2022.

Persyaratan peserta antara lain ber-KTP DIY atau berdomisili di DIY yang dibuktikan dengan surat keterangan domisili, berusia di atas 17 tahun. Sedangkan untuk persyaratan kualitas anatara lain berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, aktif berorganisasi maupun sosial kemasyarakat dan memiliki kemampuan public spekaing. Selain itu peserta harus memiliki ketertarikan di bidang kearsipan.

Advertisement

“Peserta harus membuat vlog itu kami nilai, setelah itu dijaring sekitar 10 orang, kemudian dari 10 yang terjaring diseleksi melalui interview terkait dengan wawasan umum dan kearsipan, karena mereka akan menjadi duta arsip tentu sedikit banyak harus memahami kearsipan. Dari sini kemudian akan diambil lima terbaik yang akan diberi apresiasi,” ucapnya.

Budi mengatakan vlog yang harus dibikin peserta merupakan vlog berkaitan dengan kearsipan, namun panitia tidak membatasi secara khusus terkait arsip. Peserta diberi kebebasan untuk melakukan inovasi dalam membuat vlog. “Vlog ini peserta bisa berinovasi sendiri bagaimana tentang arsip,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement