Advertisement

Wisata Pantai Gunungkidul Diserbu Pengunjung

Triyo Handoko
Senin, 02 Mei 2022 - 19:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wisata Pantai Gunungkidul Diserbu Pengunjung Pengunjung pantai membayar retribusi wisata di TPR Pantai Baron, Senin (2/5/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pantai-pantai di Gunungkidul terpantau sudah ramai dikunjungi wisatawan pada hari pertama lebaran, Senin (2/5/2022).

Heri Waluyo Koordinator Tempat Penarikan Retribusi (TPR) Pantai Baron menyebutkan pengunjung wisata pantai dari luar daerah. “Pantauan kami banyak pengunjung berplat kendaraan luar daerah,” jelasnya.

Catatan Heri sudah ada 100an kendaraan roda empat yang masuk di kawasannya. “Kalau dikira-kira ada 500an orang yang sudah masuk TPR Baron ini,” ujarnya.

Berbagai persiapanpersiapaan sudah dilakukan Heri untuk menyambut wisatawan. “Setidaknya kami sudah bikinkan pamflet panduan wisata pantai di sini agar pengunjung punya banyak referensi kunjungan dan betah berwisata,” katanya.

Pantauan di Pantai Kukup terlihat pedagang pantai sudah beroperasi lagi di hari pertama lebaran ini. “Kami memang sudah sangat antusias menyambut wisatawan, berbagai persiapan sudah kali lakukan,” ujar Wasiyo Ketua Paguyuban Warga Sadar Wisata (Pokdarwis) Kukup, Senin (2/5/2022).

Persiapan tersebut, jelas Wasiyo adalah perluasan lahan parkir, penambahan penerangan, dan kerja bakti bersih lingkungan pantai Kukup. “Kalau hari ini sebagai awalan sudah lumayan jumlah pengunjungnya, setengah lahan parkir kami sudah terisi,” ujarnya.

Wasiyo memprediksi puncak jumlah wisatawan di pantai yang ia kelola terjadi pada 5-6 Mei. “Di tanggal itu penginapan-penginapan di sini sudah terpesan penuh oleh rombongan wisatawanwisatawa,” jelasnya.

Untuk itu, kata Wasiyo, harapannya pedagang-pedagang di pantai Kukup pulih lagi usahanya, setelah lama terpukul pandemi dan pembatasan sosial. “Kami sangat berharap libur lebaran ini dapat mengembalikan semangat dan keuangan kami yang terpukul pandemi,” tandasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement