Advertisement

Kapal Nelayan Hilang Kontak di Perairan Gunungkidul

Triyo Handoko
Selasa, 03 Mei 2022 - 12:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Kapal Nelayan Hilang Kontak di Perairan Gunungkidul Ilustrasi. - Antara

Advertisement

 Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—SAR Gabungan Gunungkidul sudah dua hari mencari kapal milik nelayan yang hilang kontak di perairan Gunungkidul, sekitar Pantai Ngitun, Kapanewon Tepus, Gunungkidul. Proses pencarian dilakukan setelah adanya laporan hilang kontak pada Minggu (1/5/2022) malam. Kapal yang hilang diketahui hendak melakukan perbaikan mesin di Cilacap, Jawa Tengah, setelah selesai beroperasi di Sendang Biru, Malang, Jawa Timur.

Koordinator SAR Pantai Sadeng, Sunu Handoko, menyebut kontak terakhir terjadi pada Jumat (29/4/2022). “Dari kontak terakhir lewat WhatsApp diketahui mesin kapal mengalami overheat, lalu dilakukan pendinginan setelah itu tak ada kontak lagi,” jelasnya, Selasa (3/5/2022).

Advertisement

Kapal yang hilang tersebut,  kata

Sunu, berangkat dari Sendang Biru, Malang pada Rabu (27/4/2022). “Tujuannya Cilacap dengan keperluan memperbaiki kapal karena memang asal kapal dari Cilacap,” katanya.

Sunu menyayangkan pelaporan yang terlambat, sehingga pencarian baru bisa dilakukan pertama kali pada Senin (1/5/2022). “Kalau lebih awal kami bisa mencari lebih dulu untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan,” ujarnya.

Dari hasil pencarian hari pertama, kata Sunu, ditemukan puing-puing yang diduga milik kapal yang hilang di sekitar lepas Pantai Ngitun, Kapanewon Tepus. “Sekarang kami menyisir dengan tiga kapal sekoci dan perahu jukung,” jelasnya.

Pencarian dilakukan oleh 10 personel SAR Pantai Sadeng dan dibantu personel TNI AL, Polsek Girisubo, Basarnas, dan Polisi Air. “Penyisiran dilakukan ke arah timur sampai Pantai Klayar, Pacitan hingga arah barat sampai Pantai Baron,” ujar Sunu.

Adapun anak buah kapal (ABK) yang mengoperasikan kapal hilang tersebut tiga orang. “Satu warga Gunungkidul dan dua warga Cilacap,” kata Sunu.

ABK asal Gunungkidul diketahui bernama Anggi Pratama, 19, beralamat Songbanyu, Kapanewon Girisubo. Lalu dua ABK dari Cilacap diketahui masing-masing Riki, 22, dan Hendra, 23.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement