Advertisement

Pengelolaan TPST Piyungan, Ini Negara-Negara yang Siap Jadi Investor

Sunartono
Rabu, 11 Mei 2022 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Pengelolaan TPST Piyungan, Ini Negara-Negara yang Siap Jadi Investor Pembuangan sampah di TPST Piyungan, Bantul, Jumat (29/3/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY dan Pemerintah Pusat sedang menyiapkan proses kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) untuk pengelolaan TPST Piyungan.

Koordinator Tim Percepatan Pembangunan DIY Rani Sjamsinarsi menyatakan KBPU TPST Piyungan telah memasuki tahap kick off untuk memulai kajian akhir sampai tender.

Advertisement

Menurutnya, calon investor yang tertarik berasal dari berbagai negara mulai dari Korea Selatan hingga China banyak yang menanyakan. Tetapi para investor akan diberikan sosialisasi pada market sounding.

“Waktu pre-market sounding itu peminatnya juga sudah cukup banyak, ada sekitar 21 investor baik dalam dan luar negeri,” ujarnya.

Dalam kajian akhir ini nantinya akan menghasilkan teknologi secara detail yang tepat digunakan di TPST Piyungan serta masa konsesi dan jumlah volume sampah. Ketiganya menjadi acuan bagi investor untuk menentukan instalasi.

“Teknologi detailnya nanti masih menunggu,” ucapnya.

Mantan Kepala DPUP-ESDM DIY tersebut menyatakan DIY harus menyesuaikan berbagai tahapan KPBU yang ditangani Pemerintah Pusat yang prosesnya telah dipayungi oleh Perpres. Tetapi jika sesuai tahapan maka proses ini akan selesai pada akhir 2024 mendatang.

“Karena ini tender untuk 20 tahunan sehingga harus cermat dan hati-hati. Semoga saja dapat investor yang bagus,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement