Advertisement

Dubes Irlandia Temui Sultan, Bahas Pendidikan Wisata dan Budaya

Budi Cahyana
Jum'at, 13 Mei 2022 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Dubes Irlandia Temui Sultan, Bahas Pendidikan Wisata dan Budaya Gubernur DIY Sri Sultan HB X (kanan) saat mengantarkan Dubes Irlandia Padraig Colm Francis (tengah) seusai pertemuan di Gedhong Wilis, Jumat (13/5/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X bertemu dengan Duta Besar Irlandia di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Jogja, pada Jumat (13/5/2022). Pertemuan itu membahas pengaktifan kembali sejumlah kerja sama di bidang pariwisata, budaya dan pendidikan.

Pertemuan tertutup itu berlangsung dari pukul 08.30 WIB hingga 09.45 WIB. Sultan HB X tampak keluar dari Gedhong Wilis untuk mengantarkan Duta Besar Irlandia, Padraig Colm Francis.

BACA JUGA: Zona Dua TPA Banyuroto Mulai Dibangun Maret 2023 untuk Tampung Sampah Kulonprogo

“Pertemuan ini untuk memperat kerja sama antara Irlandia dengan Indonesia termasuk dengan Jogja,” kata Francis seusai pertemuan.

Dalam kunjungannya ke Jogja, ia juga memberikan kuliah kepada mahasiswa di salah satu perguruan tinggi. Ia berharap melalui kerja sama bidang pendidikan menjadikan Irlandia dan Jogja bisa saling bertukar informasi tentang budaya.

“Saya berharap ini bisa mendorong para mahasiswa untuk mau mempelajari lebih lagi tentang Irlandia dan sejarahnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY Agus Priyono yang mendampingi Gubernur DIY dalam kesempatan itu mengatakan pertemuan itu untuk meneguhkan kembali kerja sama antara Irlandia dengan DIY yang sempat terkendala akibat Covid-19. Kerja sama itu meliputi bidang pendidikan, pariwisata dan budaya.

“Kebetulan beliau menyampaikan bahwa warga Indonesia yang kuliah di Irlandia masih sedikit. Kemudian Ngarso Dalem menyarankan agar Irlandia menggelar pameran pendidikan di Jogja. Harapannya setelah pandemi ini hubungan bisa lebih aktif lagi melalui tiga bidang utama yakni budaya, pendidikan dan pariwisata,” katanya.

BACA JUGA: Hadirkan Konsep Wisata Air Baru, Jogja Bay Ganti Nama Jadi Waterboom Jogja

Ia mengatakan pada 2014 silam DIY pernah mengirimkan seperangkat gamelan ke Irlandia sekaligus mengirimkan tim untuk memainkannya. Hal itu disambut sangat antusias oleh warga Irlandia ketika itu. Bahkan saat ini sudah komunitas gamelan di Irlandia sudah bermunculan. Harapannya kerja sama ini bisa diaktifkan kembali terutama untuk mendorong budaya dan pariwisata.

Advertisement

“Termasuk mendorong peningkatan wisatawan Irlandia yang berkunjung ke Jogja,” ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Berjanji Usut Tuntas Pengamanan Pertandingan

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement