Advertisement

Wiper Mati saat Hujan, Kru Bus Mendadak Pakai Cara yang Bikin Ngakak

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 17 Mei 2022 - 11:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wiper Mati saat Hujan, Kru Bus Mendadak Pakai Cara yang Bikin Ngakak Petugas Dinas Perhubungan pada saat mengecek armada bus di PO Maju Lancar di Kalurahan Logandeng, Playen. Rabu (13/4/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Wiper atau penyeka kaca kendaraan merupakan komponen penting yang harus dimiliki bus, truk, dan juga mobil. Alat ini membantu membersihkan kaca dari air maupun kotoran yang menempel karena bisa menghalangi pandangan sopir.

Jika wiper mati dan kondisi cuaca sedang hujan, sopir akan kesulitan melihat jalan karena kaca kendaraannya terhalang air. Sopir harus mengerahkan tenaga untuk melihat jalan di depannya agar bus dapat melaju tanpa membahayakan penumpang dan kendaraan lain.

Namun ada yang unik yang dilakukan kru bus ini. Dalam sebuah perjalanan yang terekam kamera, ada sebuah bus yang mengalami wiper mati. Wiper yang berada di depan sopir itu mendadak tidak dapat bergerak otomatis padahal kondisi cuaca sedang hujan.

Agar tetap bisa menyeka air yang meluncur di permukaan kaca itu, seorang pria yang berada di samping kiri sopir tampak menarik-narik seutas tali yang dikaitkan dengan wiper mati itu.

Ternyata cara itu dilakukan agar wiper tetap dapat bergerak ke kiri dan ke kanan untuk menyeka air di kaca tersebut. Kreatif bukan?

Pria yang disinyalir adalah kondektur bus itu dengan semangat memacu kecepatannya untuk menarik tali secara berulang-ulang. Sembari tertawa geli, ia tetap mengayunkan tangannya dengan cepat agar tidak ada air yang menghalangi pandangan sopir.

"yang pentingg keliatan jalann dahh ???? Pada saat musim hujan pastikan wipermu aman ya sobat bus!," caption Instagram @sewabusbatam yang mengunggah tentang video wiper mati tersebut.

Cara yang dilakukan kru bus itu sontak membuat warganet kagum. "Kreativitas tanpa batass," tulis salah satu akun.

Advertisement

"solusi di kala hujan," timpal yang lain.

Ada pula yang berkelakar bahwa aksi kreatif kru bis Indonesia ini bakal membuat pabrik bus luar negeri takut. "Pabrik jerman ketar ketir liat ini," tulis waranet.

Akun lain juga menuliskan bahwa ia pernah mengalami kejadian serupa saat naik bus. "Saya pernah min pulang dr jogja semarang mobil wiper macet ???? taun 2008 apa ya itu wkwkw ya begitu sama yg penting sampe rumah," tulis salah satu warganet dalam kolom komentar.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Total 11 Wajib Pajak Crazy Rich Ikut Program Pengungkapan Sukarela

News
| Jum'at, 01 Juli 2022, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Dieng Culture Festival 2022 Digelar September 2022

Wisata
| Jum'at, 01 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement