Advertisement

UPBJJ UT Yogyakarta Gelar Upacara Penyerahan Ijazah Periode 1 Tahun 2022

Media Digital
Jum'at, 27 Mei 2022 - 10:27 WIB
Budi Cahyana
UPBJJ UT Yogyakarta Gelar Upacara Penyerahan Ijazah Periode 1 Tahun 2022 UPBJJ UT Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah Periode 1 Tahun 2022 secara luring di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center pada Rabu 25 Mei 2022. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—UPBJJ UT Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah Periode 1 Tahun 2022 secara luring di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center pada Rabu 25 Mei 2022.

Diikuti oleh 744 wisudawan dari program diploma, sarjana dan pascasarjana yang terdiri dari Program Pascasarjana 1 lulusan,  selanjutnya 108  lulusan dari Fakultas Ekonomi, 183 dari FHISIP dari FKIP 446 lulusan dan FST terdiri dari 6 lulusan. Para wisudawan berasal dari wilayah kerja UT Yogyakarta meliputi Kabupaten  Gunungkidul, Bantul, Sleman, kulonprogo, kota Yogyakarta, Kabupaten Purworejo,  Temanggung, Wonosobo, Magelang dan Kota Magelang. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui channel YouTube UT Yogyakarta.

Hadir dalam acara UPI adalah Rektor Universitas Terbuka yang di  wakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi UT Dr. Meirani Harsasi, S.E., M.Si., Kepala Disdikpora D.I.Yogyakarta Drs. Didik Wardaya, MM., Direktur UT Yogyakarta Dr. Agus Santoso, M.Si, IKA UT, Mitra Kerja UT, dan para Pengurus Pokjar diwilayah  kerja UT Yogyakarta.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dalam sambutannya, Rektor UT yang diwakili Dr. Meirani Harsasi, S.E., M.Si mengucapkan selamat atas keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Keberhasilan studi mahasiswa di Universitas Terbuka merupakan buah dari sikap telaten, komitmen, kerja keras, ulet, doa seta dukungan dari orangtua, keluarga, serta sahabat. Diingatkan bahwa gelar yang diperoleh para wisudawan mengandung konsekuensi dan tanggungjawab sehingga selepas diwisuda  parta wisudawan diminta untuk tetap menjaga marwah keilmuannya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Universitas Terbuka sebagai pelopor inovasi dalam dunia pendidikan, para wisudawan diharapkan memiliki kompetensi yang disebut dengan kemampuan enam literasi dasar, yaitu: literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya. Selain enam literasi dasar tersebut, kompetensi lain yang harus dimiliki yaitu mampu berpikir kritis, bernalar, kreatif, komunikatif, kolaboratif, dan memiliki kemampuan problem solving.  

Pada bagian lain rektor menyatakan bahwa wisudawan harus siap menghadapi tantangan di Era Society 5.0. Pada dasarnya  Era Society 5.0 merupakan sebuah konsep yang mendefinisikan bahwa keberadaan teknologi dan manusia akan selalu  berdampingan dalam upaya meningkatkan kualitas taraf hidup manusia secara berkesinambungan. Perkembangan information and communications technology (ICT) membawa pengaruh yang sangat luar biasa terhadap masyarakat dan industri. Berpijak pada uraian tersebut maka pendidikan harus melakukan inovasi-inovasi sehingga mampu memfasilitasi dan menjawab kebutuhan generasi milineal khususnya dalam hal pendidikan.

Sementara Direktur Universitas Terbuka  Yogyakarta Dr. Agus Santoso, M.Si dalam sambutannya atas nama institusi dan pribadi menyampaikan selamat kepada para wisudawan atas prestasi yang telah  dicapai setelah melalui perjuangan keras yang tak kenal lelah dan pantang menyerah dalam menyelesaikan studi di UT. Pada bagian lain dikatakan bahwa Perguruan Tinggi (PT) harus mengambil peran dalam menyiapkan lulusannya agar kompeten dan mampu memasuki lapangan kerja yang dibutuhkan dunia saat ini.

Bidang pendidikan harus direvolusi dan berorientasi pada pembelajaran yang lebih modern.  Riset World Economic Forum (WEF) 2020 menunjukkan terdapat 10 kemampuan utama yang paling dibutuhkan untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 juga relevan dalam menghadapi Society 5.0, yaitu bisa memecahkan masalah yang komplek, berpikir kritis, kreatif, kemampuan memanajemen manusia, bisa berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, pelayanan, kemampuan negosiasi, serta fleksibilitas kognitif.

Kegiatan  pengiring namun merupakan hal sangat penting adalah penghargaan  tutor terbaik. Pemilihan tutor terbaik di UT Yogyakarta melalui proses yang panjang, dengan persyaratan yang  ketat, dilakukan secara cermat, didasarkan pada pengamatan, penelitian perangkat tutorial,  tertib administrasi, hasil monitoring, dan respon mahasiswa.

Advertisement

Berpijak pada persyaratan tersebut UT Yogyakarta memutuskan Prof. Dr. Theresia Woro Damayanti, S.E. M.Si., Ak., CA dari Pokjar Temanggung sebagai tutor terbaik masa 2022.1. Disamping penghargaan  tutor terbaik juga ditetapkan wisudawan terbaik yaitu Dhimas Bangkit Panuntun dari FISHIP prode Administrasi Negara dengan perolehan IPK 3,92. Acara lainnya adalah penyampaian bea siswa bagi para mahasiswa yang memenuhi kriteria oleh IKA UT Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan UPI dan merupakan bagian integral adalah “Temu Wicara dan Seminar Akademik”,  dilaksanakan pada Selasa, 24 Mei 2022. Temu wicara dihadiri oleh Rektor UT  yang diwakili  Dekan Fakultas Ekonomi UT Dr. Meirani Harsasi,S.E., M.Si, Direktur UT Yogyakarta, dan para manajer. Temu wicara merupakan ajang silaturahim antara mahasiswa dengan para pimpinan Universitas Terbuka.

Acara temu wicara dikemas dalam bentuk dialog interaktif dengan tatanan yang menyenangkan, informal, gembira sehingga para para wisudawan  dapat menyampaikan pendapatnya dengan  baik.  Dalam kegiatan ini para wisudawan diberi kesempatan yang luas untuk  menyampaikan saran dan atau kritik yang membangun, kesan dan pesan selama mengikuti proses pendidikan di Universitas Terbuka. Adapun dalam kegiatan seminar akademik tema yang  dibahas adalah “Arah Pendidikan Masa Depan Generasi Milenial Indonesia di Era Society 5.0”. dengan nara sumber Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta Bapak Drs. Raden Kadarmanta Baskara Aji, M.Si. Kegiatan lainnya adalah pemberian beasiswa dari IKA UT Yogyakarta.

Advertisement

Acara dimeriahkan pula oleh penampilan paduan suara SMM (Sekolah Menengah Musik) Yogyakarta yang membawakan lagu berjudul Happy, Hati-hati di Jalan dan Mahadaya Cinta. Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Janji Wisudawan, Ucapan Terima Kasih oleh perwakilan wisudawan.  Penyerahan Lulusan kepada Ketua IKA UT Yogyakarta, Bapak Partogi Dame Pakpahan, M.Si. dan ditutup dengan pembacaan doa secara khidmat oleh Bapak Drs. Wartomo, M.Pd. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengumuman Pertama Lelang Eksekusi Harta Pailit

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 16:02 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement