Advertisement

Nasdem DIY Usulkan 3 Nama untuk Capres 2024

Sunartono
Senin, 30 Mei 2022 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Nasdem DIY Usulkan 3 Nama untuk Capres 2024 Ketua DPW Nasdem DIY Subardi (tengah) dalam kegiatan prarakernas, Minggu (29/5 - 2022).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Partai Nasdem DIY akan mengusulkan tiga nama calon presiden yang dinilai layak maju dalam Pilpres 2024. Ketiga nama tersebut dibahas dalam pra rakernas, di Kota Jogja, Minggu (29/5/2022).

Nasdem DIY memiliki sejumlah syarat Capres yang akan diberikan dukungan, salah satunya mampu mempersatukan seluruh elemen masyarakat.

Ketua DPW Partai Nasdem DIY Subardi menjelaskan DPP akan menggelar rakernas yang salah satu agendanya menentukan dukungan capres. DIY diberikan tugas untuk menjaring capres, sehingga ia menghadirkan seluruh pengurus level kecamatan, kabupaten hingga sayap partai untuk melakukan pleno menentukan nama capres yang dinilai layak.

"DPW juga akan melakukan pleno sesuai masukan dari pengurus tingkat kecamatan dan kabupaten, kami menyiapkan rekomendasi ke DPP untuk disampaikan dalam rakornas," katanya, Minggu (29/5/2022).

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 31 Dibuka. Ini Syarat dan Cara Mendaftar

Ia menambahkan setiap daerah diberikan kesempatan mengajukan minimal tiga nama. Menurutnya DPW Nasdem DIY telah melakukan survei capres di wilayah DIY pada akhir 2021 lalu. Nama-nama itu dimunculkan dalam rapat pleno sebagai referensi bagi pengurus di level kecamatan.

"Referensinya berasal dari survei, memang ada tiga nama yang sempat muncul di survei tersebut. Tetapi ketentuan nama yang kami ajukan ke pusat ditentukan lewat pleno hari ini," ucapnya.

Bardi menyatakan DIY memiliki kriteria khusus terkait pengajuan capres. Partai Nasdem tak ingin sekadar mengusung nama, selain memiliki potensi menang juga harus mampu mempersatukan bangsa. Sehingga tidak terjadi pengelompokan tertentu sehingga tokoh harus mampu menjaring semua kelompok.

"DIY memiliki harapan bahwa capres nantinya mampu menyatukan berbagai kelompok, sehingga tidak ada lagi kelompok nasionalis dan lainnya, tetapi menjadi satu. Karena ini akan memperkokoh di pemerintahan" ujarnya.

Syarat lain, kata dia, capres harus memberikan kontribusi untuk meningkatkan elektabilitas dan suara partai. Sehingga dapat mendongkrak perolehan kursi di legislatif. Dukungan Capres itu juga akan menentukan arah koalisi Nasdem, hanya saja sepenuhnya akan ditetapkan oleh Ketua Umum. "Tetapi saya yakin Pak Surya Paloh tidak akan membabi-buta tetapi pasti akan mempertimbangkan masukan dari struktur partai," ujarnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement