Advertisement

Usai Jakarta, Lokakarya Inspiratif dari Program GEN AKTIF Digelar di Jogja

Media Digital
Kamis, 02 Juni 2022 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Usai Jakarta, Lokakarya Inspiratif dari Program GEN AKTIF Digelar di Jogja Setelah sukses dengan peluncuran dan aktivitas yang berlangsung di Jakarta April lalu, kini program GEN AKTIF menggelar rangkaian kegiatan di DIY. - ist

Advertisement

JOGJA-BenihBaik.com menginisiasi program GEN AKTIF (Generasi Sehat dan Kreatif) untuk menginspirasi dan mengedukasi remaja di seluruh Indonesia dalam meningkatkan kualitas dan potensi diri melalui gaya hidup yang sehat dan kreatif melalui berbagai kegiatan lokakarya (workshop). Setelah sukses dengan peluncuran dan aktivitas yang berlangsung di Jakarta April lalu, kini program GEN AKTIF menggelar rangkaian kegiatan di DIY.

Program GEN AKTIF merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari pelatihan yang ditujukan bagi guru dan tenaga pendidikan, orang tua, serta pelajar SMP dan SMA. Secara nasional, program ini diharapkan dapat menjangkau sekitar 360 guru dan tenaga pendidikan, 840 orang tua, serta 1.200 pelajar SMP, SMA, dan sederajat. Program inspiratif ini juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat.

Advertisement

Kegiatan lokakarya bagi pelajar SMP telah berlangsung pada 17-20 Mei 2022 di SD Negeri Lempuyangwangi. Sedangkan, untuk lokakarya bagi pelajar SMA dilaksanakan pada 23-25 dan 27 Mei 2022 di Auditorium Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Lokakarya pada pelajar SMP dan SMA ini mengusung tema GEN AKTIF: Menjadi Remaja Unggul yang Sehat dan Kreatif.

Para peserta mendapatkan ilmu dari Fendi Rahmat Widianto sebagai pemateri bidang Dasar Fotografi dan Jurnalistik serta Jessiaty Lasma Anne G. G sebagai pemateri Praktik & Sharing Pembuatan Poster yang Menarik dan Analisis Media Sosial. Materi yang dibagikan pada lokakarya ini diharapkan dapat memantik semangat para pelajar untuk berkegiatan positif dengan mengembangkan talenta.

“BenihBaik.com sadar betul akan perlunya peningkatan kualitas dan potensi diri para remaja di Indonesia. Oleh karena itu, kami harap program GEN AKTIF dapat memberikan kontribusi yang berdampak panjang bagi para remaja melalui berbagai kegiatan lokakarya yang kami usung,” terang Founder dan CEO BenihBaik.com Andy F. Noya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (2/6/2022).

Dengan mengusung tagar #KamiGENAKTIF, BenihBaik.com berharap program ini dapat menjadi pionir dalam mengampanyekan kebiasaan untuk selalu hidup sehat dan kreatif bagi para remaja di Indonesia. Hal ini untuk menciptakan pemuda yang unggul dalam menyambut Indonesia Emas 2045.

“Tidak hanya menggandeng para remaja, program GEN AKTIF juga melibatkan dan memberikan bekal bagi para guru dan tenaga pendidikan serta orang tua. Dengan demikian, kami harap seluruh pihak dapat memiliki peningkatan kapasitas yang setara,” imbuh Andy.

Salah satu fokus utama dari program GEN AKTIF yang digaungkan secara terus menerus adalah himbauan larangan merokok bagi para remaja di Indonesia. Hal ini ditujukan agar terciptanya generasi yang sehat, kreatif, dan produktif. Permasalahan merokok di kalangan remaja, khususnya anak-anak di bawah umur 18 tahun, harus menjadi perhatian utama dan membutuhkan kerja sama semua pihak, mulai dari orang tua hingga guru atau tenaga pendidikan, untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebagai salah satu upayanya, program GEN AKTIF hadir untuk memberikan berbagai contoh untuk membentuk kebiasaan yang positif, seperti berolahraga, edukasi gaya hidup sehat, dan kampanye media sosial #KamiGENAKTIF, serta peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan keluarga melalui berbagai lokakarya edukasi.

“Kami percaya bahwa satu langkah kecil akan memberikan dampak yang besar. Dimulai dari menjauhkan kebiasaan merokok bagi para remaja dan menggantinya dengan kebiasaan lain yang memiliki dampak positif. Di sini, program GEN AKTIF akan hadir untuk menginspirasi dan mengedukasi para remaja agar menjadi pribadi yang sehat dan kreatif,” tutup Andy.

Tidak hanya di Jakarta dan Jogja, program GEN AKTIF yang mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI ini juga akan diluncurkan di Jawa Barat pada Juli 2022 mendatang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement