Advertisement

Ada Festival Upacara Adat di Sleman

Newswire
Sabtu, 11 Juni 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Ada Festival Upacara Adat di Sleman Festival Upacara Adat 2018 yang digelar di Alun-Alun Wates, Kulonprogo, tahun lalu. - Istimewa/Dokumen Disbud DIY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Festival Upacara Adat Tahun 2022, yang diikuti oleh 17 kontingen dari wilayah kapanewon (kecamatan) yang ada di Sleman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan pembukaan Festival Upacara Adat Tahun 2022 dengan memukul gong dalam acara di halaman Gedung Serbaguna Kantor Pemerintah Daerah Sleman pada Sabtu (11/6/2022).

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya mengatakan, penyelenggaraan Festival Upacara Adat Kabupaten Sleman merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya dan tradisi lokal Kabupaten Sleman.

"Festival ini juga untuk memperkenalkan adat dan tradisi di Sleman kepada masyarakat Sleman dan masyarakat luas," katanya.

Ia menjelaskan bahwa festival upacara adat menampilkan berbagai upacara adat yang ada di wilayah Kabupaten Sleman dalam arak-arakan di depan tamu kehormatan.

BACA JUGA: Buntut Kasus Suap, Izin Hotel Besar Kini Dibidik Pemkot Jogja untuk Ditelusuri

Peserta Festival Upacara Adat 2022, yang berlangsung di Gedung Kesenian Sleman, meliputi perwakilan dari 17 kapanewon. Mereka akan dinilai oleh tiga juri yang terdiri atas akademisi, budayawan, serta praktisi seni dan budaya.

Bupati Sleman menyebut Festival Upacara Adat sebagai salah satu upaya strategis untuk melestarikan warisan budaya sekaligus melakukan edukasi untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda pada seni dan budaya Bumi Sembada.

"Keberadaan seni, budaya, dan tradisi selain menjadi warisan berharga bagi generasi setelah kita juga menjadi daya tarik bagi sektor pariwisata di Kabupaten Sleman," katanya.

"Diharapkan kegiatan festival ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan besarnya potensi seni dan budaya yang kita miliki sehingga sudah seharusnya kita berbangga diri atas kekayaan budaya yang kita miliki," ia menambahkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement