Advertisement

Tidak Hanya Susi Air, Ini Daftar Kecelakaan Pesawat di Indonesia yang Penumpangnya Selamat

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 23 Juni 2022 - 16:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tidak Hanya Susi Air, Ini Daftar Kecelakaan Pesawat di Indonesia yang Penumpangnya Selamat Ilustrasi kecelakaan pesawat. - Ist/Metro.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Seluruh penumpang pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PK-BVM yang kecelakaan di Papua Kamis (23/6/2022) ditemukan selamat. Selain Susi Air, peristiwa kecelakaan pesawat dengan penumpang yang masih selamat banyak terjadi di Indonesia. 

Sebelumnya Susi Air jenis Pilatus Porter PK-BVM dengan pilot Dayle Peter Houzet mengalami kecelakaan di rute Timika-Duma sekitar pukul 08.20 WIT. Pilot dan enam penumpang ditemukan selamat. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Susi Pudjiastuti selaku pemilik dari maskapai penerbangan itu dalam akun Twitternya menginformasikan bahwa para korban telah berhasil dievakuasi dengan selamat atas bantuan tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Timika dan TNI.

"Syukur Alhamdulilah dan terima kasih atas bantuan dan kesigapan tim Basarnas Timika dan TNI yang telah berhasil mengevakuasi korban dengan selamat," ucap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini.

Baca juga: Susi Air Kecelakaan di Papua, Susi: Semua Penumpang Selamat

Selain Susi Air, berikut ini daftar peristiwa kecelakaan pesawat di Indonesia sejak tahun 2000 yang penumpangnya ada yang ditemukan selamat, dihimpun dari Wikipedia:

- 14 Januari 2002

Lion Air Penerbangan 386 gagal mengudara dan terjerembab setelah lepas landas di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau. Saat itu pesawat sedang menuju Batam. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, tetapi tujuh orang penumpangnya luka-luka dan patah tulang.

Advertisement

- 16 Januari 2002

Garuda Indonesia Penerbangan 421 jurusan Mataram - Yogyakarta mendarat darurat di Bengawan Solo. 1 pramugari tewas, 59 orang selamat.

- 30 November 2004

Advertisement

Lion Air Penerbangan 538 jurusan Jakarta - Surakarta tergelincir saat mendarat di Bandar Udara Adisumarmo. Sebanyak 26 penumpang tewas dan 142 penumpang luka-luka.

- 5 September 2005

Pesawat Boeing 737-200 Mandala Airlines Penerbangan RI 091 gagal take off dari Bandara Polonia Medan dalam penerbangan menuju Jakarta. Pesawat lalu menerobos pagar bandara dan menabrak perumahan penduduk dan masyarakat di Jl. Jamin Ginting Medan. Dari 117 orang penumpang dan awak, hanya 17 orang yang selamat. 

- 21 Februari 2007

Advertisement

Adam Air Penerbangan 172 yang menerbangi jalur Jakarta- Surabaya melakukan pendaratan keras di Bandara Juanda, mengakibatkan bagian tengah pesawat patah. Tidak ada korban tewas dalam insiden ini.

- 7 Maret 2007

Garuda Indonesia Penerbangan 200 jurusan Jakarta - Yogyakarta tergelincir saat mendarat di Bandar Udara Adisucipto. 22 penumpang tewas dan 118 penumpang selamat.

Advertisement

- 27 Agustus 2008

Sriwijaya Air Penerbangan 62 dengan rute Jakarta - Jambi tergelincir di Bandar Udara Sultan Thaha dan menabrak 3 warga. Tidak ada korban, tetapi 13 penumpang mengalami luka-luka.

- 13 April 2010

Merpati Nusantara Airlines Penerbangan 836 jurusan Sorong - Manokwari tergelincir saat mendarat di Bandar Udara Rendani. Seluruh 109 penumpang dan awak pesawat selamat. Sebanyak 44 penumpang mengalami luka-luka.

- 23 Juni 2022

Susi Air jenis Pilatus Porter PK-BVM dengan pilot Dayle Peter Houzet mengalami kecelakaan di rute Timika-Duma sekitar pukul 08.20 WIT. Sebanyak tujuh orang selamat. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara, Wikipedia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Jepang Klarifikasi soal Erupsi Gunung Semeru Berpotensi Picu Tsunami

News
| Minggu, 04 Desember 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement