Advertisement

PAN Jogja Usulkan Haedar Nashir Jadi Capres

Sunartono
Senin, 27 Juni 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PAN Jogja Usulkan Haedar Nashir Jadi Capres Sejumlah pengurus Harian DPD PAN Jogja usai dalam Rakerda usulan Capres 2024 Minggu (26/6/2022) malam. - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Jogja mengusulkan sejumlah nama calon presiden yang potensial jadi pemimpin bangsa di 2024 mendatang. Selain nama-nama yang selama ini banyak disebut, muncul tokoh Muhammadiyah Profesor Haedar Nashir yang memiliki elektabilitas cukup tinggi di Jogja.

Ketua DPD PAN Kota Jogja Arief Noor Hartanto menyatakan sejumlah nama yang diusulkan oleh PAN untuk menjadi Capres 2024 dari level Kota Jogja ada enam. Terdiri atas Zulkifli Hasan, Anies Baswedan, Sri Sultan Hamengku Buwono, Haedhar Nashir, Erick Thohir dan Abdul Mu'ti.

Advertisement

"Usulan nama-nama ini memang tidak kami urutkan siapa yang tertinggi, tetapi yang jelas secara umum mereka sesuai dengan usulan masyarakat," katanya di sela-sela Rakerda DPD PAN Kota Jogja, Minggu (26/6/2022) malam.

Dari enam nama tersebut dua tokoh Muhammadiyah yaitu Ketum PP Muhammadiyah Profesor Haedar Nashir dan Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti memang belum banyak disebut sebagau Capres untuk wilayah DIY. Sedangkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sebelumnya juga telah diusulkan oleh DPD PAN Bantul dan Sleman.

Baca juga: Anis dan Ganjar Masuk Daftar 10 Nama Calon Presiden Usulan PAN Kudus

Ia menambahkan alasan adanya dua tokoh Muhammadiyah memang berasal dari usulan arus bawah. Bahkan secara khusus Haedar Nashir sebagai Capres sedangkan Abdul Mu'ti Cawapres. "Kalau dari unsur persyarikatan [Muhammadiyah] kami sempat melakukan audiensi seluruh jajaran hadir merekomendasikan untuk nama tersebut juga," katanya.

Sedangkan untuk nama Hamengku Buwono X merupakan usulan dari sebagian besar DPC PAN Kota Jogja. "Karena mereka menganggap bahwa Ngarso Dalem ini juga memiliki kriteria yang kuat," katanya.

Sekretaris DPD PAN Kota Jogja Rifki Listiyanto menambahkan nama-nama yang diusulkan tersebut memiliki rekam jejak yang baik di mata masyarakat. Dalam proses pemilihan ada lima kriteria yang memiliki nilai tinggi hingga mengerucut pada nama tersebut. Kriteria tersebut antara lain nasionalis-religius, rekam jejak kepemimpinan yang kuat dan berpihak pada kelanjutan generasi. Kemudian dua kriteria lainnya adalah memiliki semangat inovasi dan kolaborasi.

"Satu kriteria lagi yaitu berwawasan nusantara dan berperspektif global. Nama-nama yang kami usulkan ini semuanya sesuai dengan kriteria tersebut. Alasan kami sangat kuat untuk memutuskan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement