Advertisement

YKTV, Upaya Pemkot Jogja Dekatkan Diri ke Masyarakat

Media Digital
Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
YKTV, Upaya Pemkot Jogja Dekatkan Diri ke Masyarakat Suasana program YKTV - Dok. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kehadiran YKTV hasil inovasi Pemkot Jogja pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) menjadi upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat luas. Program ini juga sebagai bentuk adaptasi dari perkembangan zaman yang berubah ke ranah digital.

Program YKTV merupakan kanal YouTube yang diluncurkan sejak Januari lalu oleh Pemkot Jogja. Di dalamnya berisi seputar informasi yang disampaikan secara digital untuk mendekatkan diri kepada masyarakat luas. Hal ini juga sebagai implementasi penta helix governance, di mana unsur media jadi sektor pelengkap dalam tahapan pembangunan daerah.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kehadiran YKTV merupakan jawaban atas perkembangan zaman saat ini dan diharapkan bisa menjadi penyampai pesan yang positif kepada masyarakat tentang penerbangan pembangunan di Pemkot Jogja, " kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jogja, Aman Yuriadijaya, Jumat (24/6/2022).

Aman menyampaikan, YKTV sebagai salah satu bagian dari layanan Pemkot Jogja diharapkan mampu menyasar generasi muda yang lebih gampang menyerap informasi dari ranah digital. Mereka sebagai agen pembangunan dan generasi penerus tentu perlu dilibatkan untuk memberikan masukan dalam pembangunan wilayah di masa depan. Sehingga keberadaan YKTV diharapkan bisa jadi wadah bagi kaum muda untuk memberi masukan positif.

Kepala Diskominfo Kota Jogja, Ignatius Tri Hastono mengatakan, pihaknya terbuka luas kepada masyarakat setempat untuk menampilkan konten dan program yang berkualitas sebagai bahan referensi kepada khalayak. Inovasi di akar rumput yang berasal dari masyarakat didorong untuk disampaikan KE YKTV.

"Justru masyarakat kami berikan banyak kesempatan. Bisa menyangkut konten informasi, hiburan, pendidikan, seni budaya, olahraga maupun iklan layanan masyarakat," ujarnya.

Saat ini telah ada tiga program dari saluran YKTV dengan 500 an video yang telah diunggah. Program ini juga dapat diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) secara realtime video streaming. Selain itu juga terdapat 30 TV display yang tersebar di kantor kemantren dan Puskesmas serta akan diperluas hingga tiap kelurahan. Saluran itu juga aktif setiap hari pada jam kerja mulai pukul 08.00 Wib hingga 16.30 Wib.

Beberapa program dari YKTV yang saat ini berlangsung yakni Sekilas YK, menyajikan cuplikan berita terbaru yang bersumber dari kliping media cetak; Warta YK berupa video hasil liputan tim Diskominfo; Obrolan YK berisi podcast terkait implementasi layanan di Kota Jogja; serta Bincang Warga YK yang mirip Obrolan YK namun narasumber utamanya masyarakat dan digelar di wilayah.

Advertisement

"YKTV ini juga sebagai pertemuan ide gagasan dari Jogja untuk masyarakat Jogja," kata imbuhnya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Digadang-gadang Jadi Cawapres Ganjar, Begini Reaksi Erick Thohir

News
| Senin, 05 Desember 2022, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement