Advertisement

Next Optima Karya UII, Cara Optimalkan Layanan Logistik

Media Digital
Jum'at, 01 Juli 2022 - 18:27 WIB
Sirojul Khafid
Next Optima Karya UII, Cara Optimalkan Layanan Logistik Pengujian Next Optima dengan kurir. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Penggunaan jasa pengiriman barang atau logistik semakin besar. Perusahaan penyedia layanan ini juga semakin bertumbuh. Namun apakah proses pengiriman oleh kurir sudah menggunakan rute terbaik demi efisensi? Apakah jumlah kendaraan sudah efektif? Dan apakah penjadwalan karyawan sudah baik? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menugaskan rute karyawan?

Karya mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Indonesia (UII) dari start up Next Scientific (Nextsci) melalui produknya, Next Optima bisa menjadi solusinya. Perangkat yang memanfaatkan artificial intelligence ini berupaya memaksimalkan kinerja tiga hal di atas. CEO Nextsci, Norma Dani, mengatakan ada tiga aplikasi algoritma yang bisa dipakai.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pertama Next Routing, aplikasi untuk menentukan rute optimal dari kendaraan angkut logistik. Perangkat ini bisa digunakan sebelum kurir mengantar barang-barang ke banyak titik kirim. Harapannya gerak kurir bisa lebih efisien, dan pada saatnya nanti berdampak pada kecepatan waktu pengiriman dan efektivitas bahan bakar kendaraan. Software ini juga membuat penentuan rute kurir hanya dalam hitungan detik bukan berjam-jam lagi secara manual.

Perangkat kedua bernama Next Packing, berguna untuk memprediksi jumlah kontainer untuk jumlah barang yang akan dikirim pada armada logistik. Untuk yang ketiga yaitu Next Scheduling, bisa dimanfaatkan untuk menentukan jadwal kerja karyawan shift dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan.

“Produk ini kami sajikan dalam bentuk Application Programming Interface (API), dan dashboard secara online, terpusat, dan mudah,” kata Norma, Senin (27/6/2022). “Perangkat ini bisa dipasangkan ke sistem IT yang sudah berjalan di perusahaan klien atau dashboard untuk perusahaan yang ingin melihat visualisasi dari hasil output.”

Dalam dashboard, nantinya akan memperlihatkan visualisasi rute berupa peta titik-titik dengan garis-garis rute yang akan ditempuh dan visualisasi lainnya dalam satu paket produk. Dashboard juga memperlihatkan informasi koordinat-koordinat yang perlu ditempuh beserta informasi berguna lainnya. Dalam pengaturan pada software, pengguna bisa menentukan berapa jumlah kurir yang perlu disiapkan, waktu maksimal pengiriman barang, dan banyak pengaturan lainnya.

Produk hasil start up yang telah berdiri sejak 2019 ini bisa digunakan untuk perusahaan logistik, retail, dan bisnis lainnya. “Kami mencoba untuk melakukan otomasi semua proses ini, dari hulu sampai hilir dalam satu software. Sehingga mampu menggantikan kerja manusia dengan harga yang sangat terjangkau dalam satu platform online berupa web based software,” kata Norma.

Next Optima merupakan salah satu produk yang berada dalam bimbingan Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama (IBISMA) UII.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kutip Hadis, Mahfud MD Soroti Mafia Hukum Bertebaran di Berbagai Institusi

News
| Sabtu, 26 November 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement