Advertisement

Cumi-Cumi Production Amikom Bantu Kembangkan Produk Sumber Sehat

Galih Eko Kurniawan
Minggu, 10 Juli 2022 - 21:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Cumi-Cumi Production Amikom Bantu Kembangkan Produk Sumber Sehat Mahasiswa KKN Amikom Jogja di Plumbon Kidul, Tempel. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tim Cumi-Cumi Production yang merupakan mahasiswa kuliah kerja nyata Amikom Jogja membantu mengembangkan produk Sumber Sehat dalam program KKN-nya.

Sumber Sehat merupakan kelompok usaha mikro kecil menengah ibu-ibu PKK di Kalurahan Plumbon Kidul, Kapanewon Tempel, Sleman yang memproduksi minuman jamu tradisional dengan kemasan instan.

Dalam produksinya, Sumber Sehat memanfaatkan hasil tani yang didapat, seperti tanaman rempah dan obat-obatan. Mereka memproduksi tiga varian jamu, yaitu jahe, temulawak dan kunir. Ketiga jamu tersebut mereka olah secara manual hingga menjadi serbuk bubuk instan.

“Cumi-Cumi Production hadir di Plumbon Kidul untuk membantu Sumber Sehat memasarkan hasil produksi jamunya,” tutur Rony Andhika, salah satu anggota kelompok KKN Amikom Jogja itu, Minggu (10/7/2022).

Selain Ronny, kelompok Cumi-Cumi Production beranggotakan Rahma Prames, Rayi Herma, Hayyu Wira Dharma, Candra Sadewa, Muhammad Nur Oki, Muhammad Adillio, Anissa Rahma, Dita Setyawati, Lutfiah dan Emi Ratna dengan pembimbing Angga Intueri Mahendra P.

Program bantuan yang kerjakan para mahasiswa itu berupa pembuatan logo usaha, desain kemasan produk, pembuatan foto dan video produk, pembuatan sosial media Instagram sertasosialisasi mengenai pemasaran digital.

Anissa menambahkan pembuatan logo usaha dibentuk agar Sumber Sehat memiliki identitas yang jelas pada produk sehingga konsumen lebih mudah mengenali. Kemasan produk juga dibentuk dengan desain baru, tampilan lebih berwarna, lalu mengganti jenis kemasan menjadi kemasan yang lebih efisien dan lebih membuat produk tahan lama.

Melalui KKN ini, Sumber Sehat diharapkan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada guna meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu, adanya agenda sosialisasi sebagai bentuk untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kelompok PKK Plumbon Kidul agar dapat menjadi satu bagian dalam mengembangkan kelompok Sumber Sehat.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga dengan Umur Total 1.058 Tahun

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement