Advertisement

Syarat Vaksin Booster mulai Diberlakukan di Kereta Api Relasi Jogja

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 18 Juli 2022 - 12:17 WIB
Bhekti Suryani
Syarat Vaksin Booster mulai Diberlakukan di Kereta Api Relasi Jogja Ratusan pemudik dari Jakarta yang menggunakan Kereta Api Progo turun di di Stasiun Lempuyangan, Jogja, Rabu (27/4/2022)-Harian Jogja - Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Syarat vaksin booster untuk pelaku perjalanan mulai diberlakukan, Minggu (17/7/2022). 10 orang calon penumpang kereta api harus tes negatif Covid-19.

“Hari pertama pemberlakuan syarat vaksin booster kemarin ada yang baru vaksin kedua. Jadi mereka antigen akhirnya. Ada 10 penumpang,” kata Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6, Supriyanto.

Advertisement

Supriyanto mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan bepergian dengan kereta api, termasuk protokol kesehatan dan persyaratannya. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Pelanggan kereta api yang sudah booster, tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif screening Covid-19,” ucap Supriyanto.

Untuk vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif RT Antigen berlaku 1x24 jam, atau PCR berlaku 3x24 jam. Untuk yang baru vaksin pertama, wajib menunjukkan hasil negatif PCR 3x24 jam. Untuk yang belum vaksin sama sekali wajib dilengkapi surat dokter dan dilampirkan hasil negatif PCR 3x24 jam.

BACA JUGA: Liburan Sekolah Usai, Gelombang Wisatawan di DIY Mulai Surut

Diketahui PT KAI juga menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pelanggan penumpang, pegawai KAI dan keluarga, serta masyarakat umum. Vaksinasi ini dibuka mulai Senin (18/7/2022), dan dibuka setiap Senin – Sabtu, pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB. Lokasi vaksinasi untuk Daop 6 di Klinik Mediska Yogyakarta dan Klinik Mediska Solobalapan.

“KAI memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan menghadirkan layanan vaksinasi gratis di berbagai stasiun serta Klinik Mediska. Melalui vaksinasi yang semakin gencar ini, maka akan semakin banyak masyarakat yang terlindungi dari ancaman Covid-19,” kata Supriyanto.

Pelanggan kereta api Jarak Jauh yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi gratis tersebut harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket kereta api Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Info selengkapnya terkait layanan vaksinasi Covid-19 gratis KAI, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement