Advertisement

Teras Malioboro 2 Ramai di Akhir Pekan, Ada Pencak Silat & Pameran Kepemudaan

Sunartono
Sabtu, 23 Juli 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Teras Malioboro 2 Ramai di Akhir Pekan, Ada Pencak Silat & Pameran Kepemudaan Penampilan seni bela diri dari salah satu perguruan silat dalam rangkaian Pameran yang digelar Kemenpora di Teras Malioboro 2, Sabtu (23/7/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Teras Malioboro 2 dipenuhi pengunjung seiring dengan pergelaran pameran Kampung Pemuda Sehat 2022 pada Sabtu (23/7/2022) hingga Minggu (24/7/2022). Beragam kegiatan disajikan di Teras Malioboro 2, salah satunya yang menarik perhatian pengunjung di kawasan Malioboro adalah Festival Pencak Silat yang diikuti belasan perguruan. 

Perhelatan ini difasilitasi oleh Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemudan dan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan menyajikan beragam kegiatan pemuda dan olahraga selama dua hari. Terdiri atas talkshow pencegahan seks berisiko di kalangan pemuda, ajang pencarian bakat, vaksinasi, senam, orkestra kebangsaan dan festival pencak silat. Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Kemenpora Jonni Madrizal yang hadir pada Sabtu malam di Teras Malioboro 2 bersamaan dengan kegiatan talkshow. 

Advertisement

Adapun pameran yang disajikan di halaman Teras Malioboro di antaranya Purna Paskibraka yang menyuguhkan beragam seragam Paskibraka. Selain itu ada banyak stan hasil karya para pemuda berbagai bidang termasuk teknologi.

Sekretaris IPSI DIY Heryos Soekamto Wahadji mengapresiasi Kemenpora yang sudah memfasilitasi kegiatan pemuda dan olahraga di Teras Malioboro, salah satunya Festival Pencak Silat yang diikuti 13 perguruan di DIY. Perwakilan perguruan silat yang didominasi pemuda menampilkan seni bela diri, gerakan standar masing-masing perguruan. Mulai dari menangkap, mengunci, tendangan bawah dan samping hingga gerakan pukulan.

BACA JUGA: Update Penembakan di Rumah Ferdy Sambo, Polisi Periksa 2 Handphone Brigadir J dan CCTV

"Melalui festival yang difasilitasi Kemenpora ini menjadi ajang bagi para atlet pencak silat untuk berkompetisi. Ini pesertanya dari usia SD sampai perguruan tinggi," katanya saat ditemui di sela-sela kegiatan Kampung Pemuda Sehat di Teras Malioboro 2, Sabtu.

Ia menambahkan antusiasnya pengunjung Teras Malioboro 2 menjadi salah satu upaya untuk lebih memperkenalkan cabang olahraga pencak silat ke masyarakat. Menurutnya saat ini pencak silat harus lebih banyak disosialisasikan ke masyarakat agar tetap lestari. 

"Kami dengan adanya festival kejuaraan kami sebagai pegiat pencak silat, di wilayah Mataram kami harus melestarikan, jangan sampai pencak silat diakui oleh negara lain," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement