Advertisement

Berkat Pendampingan UMY, BUMDes Imogiri Berstatus Badan Hukum

Media Digital
Rabu, 27 Juli 2022 - 19:47 WIB
Budi Cahyana
Berkat Pendampingan UMY, BUMDes Imogiri Berstatus Badan Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mendampingi perolehan sertifikat badan hukum dan pembuatan website BUMDes Agung Manunggal Kebonagung Imogiri, Bantul. - Istimewa

Advertisement

BANTUL—Ahdiana Yuni Lestari dan Prihati Yuniarlin, dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mendampingi perolehan sertifikat badan hukum dan pembuatan website BUMDes Agung Manunggal Kebonagung Imogiri, Bantul.

Ahdiana, selaku Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat  membuka pengabdian pada Senin, 24 Januari 2022. Pembukaan dihadiri oleh Manager dan segenap Pengurus BUMDes Agung Manunggal Kebonagung, Marjiyem  Lurah Kebonagung,  Ir. Wahyu Yulianto Carik Kabonagung, Dukuh Kanten, serta delapan mahasiswa KKN Kelompok 143 UMY.

Kegiatan pengabdian ini berupa penyuluhan hukum tentang arti penting BUMDes harus berbadan hukum. Tim BUMDes dan Mahasiswa KKN 143 meng-upload persyaratan-persyaratan pengajuan BUMDes agar berstatus badan hukum melalui link Kementerian Desa Republik Indonesia.

“Kegiatan berikutnya dilakukan pada Senin, 7 Maret 2022, acara dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan dan pengisian konten website oleh Anhar, Wahyu, SE, Staf Lembaga Sistem Informasi (LSI) UMY. Acara ini juga dihadiri oleh segenap Pengurus BUMDes dan dibantu oleh Mahasiswa KKN Kelompok 143 UMY,” ujar Ahdiana.

Menurut Ahdiana, setelah pendampingan dan pengurusan badan hukum, sejak 9 Februari 2022 BUMDes Agung Manunggal telah berstatus badan hukum yang sah sebagaimana Sertifikat Pendaftaran Pendirian  Badan Hukum Nomor: AHU-01603.AH.01.33.Tahun 2022 yang telah diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Kementrian Desa Republik Indonesia.

“Dengan demikian BUMDes Agung Manunggal akan lebih leluasa dalam menjalin kerjasama dengan sejumlah mitra dalam pengembangan bisnisnya. Selanjutnya dengan adanya program pelatihan dan pembuatan website BUMDes Agung Manunggal dapat memberikan solusi terhadap keterbatasan para pengurus BUMDes. Diharapkan website BUMDes Agung Manunggal dapat memperkenalkan Kalurahan Kebonagung kepada masyarakat umum serta mampu meningkatkan perekonomian di Kalurahan Kebonagung,” ujar Ahdiana. (ADV)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Hendak Bepergian ke Jerman, Pemegang Paspor RI Dapat Ajukan Pengesahan Tanda Tangan di Kantor Imigrasi

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement