Advertisement

38 Siswa DIY Terpilih, Mulai Latihan Paskibra

Media Digital
Senin, 01 Agustus 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
38 Siswa DIY Terpilih, Mulai Latihan Paskibra Pembukaan latihan paskibra di Pondok Pemuda, Senin (1/8/2022)-Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 38 siswa utusan dari SMA sederajat di lima kabupaten dan kota di DIY akan memulai latihan paskibra untuk upacara 17 Agustus, guna memperingati HUT ke-77 Indonesia di Gedung Agung Yogyakarta. Latihan diawali dengan upacara pembukaan yang berlangsung di Pondok Pemuda Ambarbinangun, Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Senin (1/8/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya, membuka latihan secara simbolik dengan pemukulan gong dalam upacara pembukaan. Dalam sambutannya, ia mengucapkan selamat kepada para siswa calon paskibraka karena telah terpilih diantara ribuan siswa lainnya.

“Kesempatan ini tidak boleh disia-siakan karena kesempatan ini mungkin sekali sepanjang perjalanan adik-adik sekalian selama menjadi siswa. Karena sampai saat ini belum ada paskibraka itu dua kali. Jadi ini kesempatan adik-adik sekalian untuk bisa tampil mengibarkan bendera pusaka sebagai satu tim di dalam upacara hari yang bersejarah, peringatan hari proklamasi,” ujarnya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Para siswa calon paskibra akan digodog dan diberi pembekalan selama 19 hari kedepan, tentang nilai-nilai kebangsaan, bela negara, hingga permasalahan budaya keistimewaan DIY. Hal ini menurutnya menjadi kesempatan untuk menggembleng diri sebelum berkiprah di masa mendatang.

Ia berpesan kepada para siswa tersebut agar menggunakan kesempatan ini semaksimal mungkin. jangan patah semangat dan menyerah. “Terus semangat dan harus ingat bahwa adik-adik semua adalah siswa terpilih baik dari sisi kecerdasan maupun fisik,” ungkapnya.

ia berharap generasi muda walau sudah tidak bisa melihat langsung para pendiri bangsa, namun dapat mewarisi cita-cita dan api semangat para pendiri bangsa. “Dengan latihan paskibraka ini akan membentuk karakter yang baik, wawasan kebangsaan dan kemampuan bela negara,” katanya.

Kepala Badan Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY, Priya Santosa, menuturkan total siswa terpilih ada sebanyak 40 siswa. Dua siswa di antaranya akan dikirim untuk menjadi paskibraka tingkat nasional, sementara 38 siswa lainnya yang akan bertugas dalam upacara 17 Agustus di Gedung Agung Yogyakarta.

Sejumlah pelatih dan narasumber untuk latihan paskibra diantaranya Korem 072 Pamungkas, Paniradyo Keistimewaan DIY, Polda DIY dan psikolog. “Tempatnya tiga lokasi, yaitu Pondok Pemuda untuk asramanya, alun-alun selatan untuk latihan reguler dan istana kepresidenan Yogyakarta untuk gladi kotor dan gladi bersih,” kata dia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sabu Senilai Rp1 Miliar Disita, Bandar dan Kurir Sabu Digelandang

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement