Advertisement

Belajar Konsep Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab bersama Recycle Circle

Media Digital
Senin, 01 Agustus 2022 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
Belajar Konsep Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab bersama Recycle Circle AIESEC in UPN Veteran Yogyakarta mengadakan Local Project 4.0: Recycle Circle. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Dewasa ini, kebiasaan konsumtif masyarakat menjadi salah satu faktor munculnya permasalahan lingkungan.

Konsumsi yang tidak bertanggung jawab dan produksi yang tidak terkontrol menjadi masalah yang sering kali dijumpai di berbagai wilayah.

Kedua hal tersebut tentu menyebabkan kerugian bagi lingkungan dan masyarakat yang berada di daerah tersebut, salah satu contohnya adalah penumpukan sampah yang membahayakan. Untuk itu, suatu langkah perlu diambil demi kelangsungan dan keberlanjutan kehidupan di suatu wilayah.

Kasus penumpukan sampah yang terjadi di TPST Piyungan Yogyakarta adalah salah satu contoh riil permasalahan lingkungan yang berasal dari konsumsi dan produksi yang tidak bertanggung jawab. Bercermin dari permasalahan lingkungan yang ada, AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan suatu kegiatan bertajuk Local Project 4.0: Recycle Circle. Untuk lebih jelasnya, Local Project sendiri adalah kegiatan berbasis volunteer yang memiliki visi untuk melatih dan meningkatkan skil kepemimpinan pemuda Indonesia. Kegiatan Local Project 4.0: Recycle Circle mendukung 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 12, yaitu tentang konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Kegiatan yang mengambil tema lingkungan (Environesia) ini dilaksanakan dalam kurun waktu empat minggu. “Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, peserta diharapkan dapat membangun kesadaran mengenai konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab serta menerapkan ilmu yang didapat,” ucap Ilma Fajrina selaku Organizing Committee President Local Project 4.0

Tak tanggung-tanggung, Local Project 4.0: Recycle Circle mendatangkan banyak pembicara handal di bidang lingkungan, seperti DLHK Yogyakarta, Zerowaste, Robbries, Bank Sampah Bersinar, dan masih banyak lagi. Selain itu, project ini juga bekerja sama dengan Evoware, Hipwee, Ruaslab, dan lain-lain.

Acara diawali dengan welcoming party pada 20 Juni 2022 dengan tujuan pengenalan kegiatan dan mempererat hubungan antar peserta. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan banyak sesi yang bermanfaat, seperti webinar, focus group discussion (FGD), workshop, serta kesempatan untuk presentasi materi di depan pelajar SMA. Hari terakhir pelaksanaan, yakni 15 Juli 2022, ditutup dengan farewell party serta penghargaan untuk peserta terbaik. (***)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Istri di China Menuntut Selingkuhan Suaminya Senilai Rp8,2 Miliar

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement