Advertisement

8 Perguruan Tinggi Sepakat Bareng-Bareng Rumuskan Kurikulum

Anisatul Umah
Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
8 Perguruan Tinggi Sepakat Bareng-Bareng Rumuskan Kurikulum Kegiatan Deklarasi Asosiasi Prodi Rekayasa Internet dan Komputer Jaringan di UGM, Selasa (9/8/2022). - Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak delapan perguruan tinggi menggelar Deklarasi Asosiasi Prodi Rekayasa Internet dan Komputer Jaringan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (9/8/2022). Asosiasi ini nantinya akan mewadahi pembentukan kurikulum.

Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet Sekolah Vokasi UGM sekaligus Koordinator Pelaksana Deklarasi, Ronald Adrian mengatakan nantinya design kurikulum akan sama secara nasional. Tidak hanya untuk delapan perguruan tinggi saja, namun bisa diaplikasikan ke perguruan tinggi lain.

"Baik nanti diterapkan di UGM, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Negeri Padang, atau dari Sumatera Barat sampai Papua," ucapnya ditemui di sela-sela acara, Selasa (9/8/2022).

Dalam kurikulum baru yang akan disusun, nantinya profil lulusan akan lebih variatif. Dari mulanya hanya mengakomodir dua profil lulusan yakni pengembang internet atau internet developer dan juga internet of things.

Nantinya akan bertambah tiga profil lulusan baru yakni berkaitan dengan keamanan di bidang jaringan komputer, berkaitan dengan komputasi awan atau cloud computing, dan juga teknopreneur bidang IT sehingga total akan menjadi lima profil jurusan.

"Kalau dulu istilahnya masih sangat eksklusif, kami kami hanya mengakomodir dua profil lulusan saja," jelasnya.

Menurutnya tidak menutup kemungkinan nantinya dosen bisa mengajar antar kampus. Deklarasi asosiasi ini sebagai pondasi, nantinya diperlukan Memorandum of Understanding (MoU) untuk legalitas yang lebih kuat lagi antar universitas.

"Iya [termasuk mahasiswanya]. Sebenarnya sudah ada wadahnya di Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) eksternal, akan buat juga internal antar prodi yang bernaung di bawah asosiasi dan ini wadahnya," ucapnya.

Asosiasi ini akan mewadahi program-program studi yang sejenis. Seperti Departemen Teknik Elektro Dan Informatika Sekolah Vokasi UGM, Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang, Prodi Teknologi Rekayasa Internet PENS Surabaya, Prodi Teknologi Rekayasa Internet Politeknik Amamapare Timika.

Lalu Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan Universitas Bung Hatta, Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan Politeknik Negeri Tanah Laut,Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Politeknik Payakumbuh, serta Politeknik Negeri Lampung.

"Pertama kami akan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan juga pengabdian masyarakat. Jadi Tri Dharma perguruan tinggi kami coba elaborasi lebih dalam," paparnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Vokasi UGM, Wiryanta mengatakan deklarasi bertujuan untuk menjalin sinergi antar Prodi dan juga menyampaikan capaian pembelajarannya. Kolaborasi dalam implementasi Tri Dharma perguruan tinggi juga akan dilakukan.

"Masyarakat Tri Dharma pendidikan tinggi otomatis akademik bisa kerjasama, penelitian bisa kolaborasi, dan juga publikasi serta pengabdian masyarakat," tuturnya. (Anisatul Umah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Jogjapolitan | 46 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement