Advertisement

830 Difabel di Sleman Menerima Dana Bansos

Abdul Hamied Razak
Selasa, 23 Agustus 2022 - 22:37 WIB
Arief Junianto
830 Difabel di Sleman Menerima Dana Bansos Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (tengah) menyerahkan bantuan sosial berupa uang bagi penyandang disabilitas di Oproom Pemkab Sleman, Selasa (23/8/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Sebanyak 830 orang penyandang disabilitas akan menerima bantuan sosial (bansos) terencana. Bansos disalurkan untuk memenuhi kebutuhan dasar para disabilitas seperti sandang dan pangan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sleman, Eko Suhargono menyampaikan sebelum menyalurkan bansos tim dari Dinas Sosial telah melakukan verifikasi dan validasi data bagi penyandang disabilitas calon penerima manfaat.

"Setelah verifikasi dan validasi dilakukan, maka calon penerima dinilai memenuhi syarat untukdapat menerima bantuan sosial," katanya di sela kegiatan penyaluran bansos bagi kalangan disabilitas, Selasa (23/8/2022).

BACA JUGA: Cegah Suap Penerimaan Mahasiswa Baru, Forum Rektor Berikan Tiga Rekomendasi

Dia menjelaskan, jumlah total penerima bansos untuk kalangan disabilitas pada tahun sebanyak 830 orang. Dengan rincian, sebanyak 430 orang data diambil dari Pagu Usulan Partisipasi Masyarakat (PUPM). PUPM ini berasal dari 12 Kapanewon yang sebelumnya sudah mengusulkan nama-nama penerima bansos.

Selain dari PUPM, data penerima bansos sebanyak 400 orang lainnya berasal dari dari penyandang disabilitas berat yang berada di 17 kapanewon di Sleman. "Pemberian bantuan sosial ini untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan," katanya.

Adapun masing-masing orang akan menerima dana bansos sebesar Rp300.000 per bulan dengan rincian Rp250.000 untuk kebutuhan pangan dan Rp50.000 untuk kebutuhan sandang. "Total bantuan yang disalurkan tahap ini sebesar Rp1,9 miliar," jelas Eko.

Terkait dengan hal itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan penyerahan bantuan sosial ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab untuk membantu dan meringankan beban penyandang disabilitas. Menurutnya, kesejahteraan masyarakat merupakan tanggaung jawab bersama pemerintah dan swasta.

BACA JUGA: Vaksinasi Booster Massal Dimulai di 3 Desa di Sleman

Oleh karena itu, lanjut Kustini, penyerahan bantuan perlu dukungan dari seluruh pihak yang peduli dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Advertisement

"Saya berharap bantuan sosial bagi penyandang disabilitas ini dapat membantu dan memudahkan para penyandang disabilitas dalam memenuhi dan meringankan pemenuhan kebutuhan pokoknya," ujar Kustini.

Penyerahan bansos dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo didampingi Kepala Dinas Sosial Sleman, Eko Suhargono dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Mustadi.

Pelaksanaan penyaluran bantuan sosial ini dilaksanakan selama empat hari mulai 22-23 Agustus di Oproom dan pada 25-26 Agustus di Unit 1 penyaluran dana bantuan melalui PT BPR Bank Sleman.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement