Advertisement

Tim Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Dampingi Pembuatan Empon-Empon KWT Mentari

Media Digital
Kamis, 25 Agustus 2022 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
Tim Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Dampingi Pembuatan Empon-Empon KWT Mentari Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta yang terdiri dari Prof Dr. Arief Subyantoro, Dra. A.Y.N.Warsiki, M.Si, Dr. Ir. Oktavia Sarhesti Padmini, M.Si dan Dr. Avido Yulistian, ST, M.Sc memilih Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari sebagai Mitra dalam melaksanakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Tim Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta yang terdiri dari Prof Dr. Arief Subyantoro, Dra. A.Y.N.Warsiki, M.Si, Dr. Ir. Oktavia Sarhesti Padmini, M.Si dan Dr. Avido Yulistian, ST, M.Sc memilih Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari sebagai Mitra dalam melaksanakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

KWT Mentari beralamat di  dusun Karangploso, Desa Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menggeluti berbagai kegiatan usaha dalam bidang pertanian dan pengolahan hasil pertanian khususnya empon empon yang terdiri dari  Jahe, sere, temulawak, kunyit dan lain lain.

Advertisement

Berdasarkan wawancara Tim Pengabdian Masyarakat dengan Ketua KWT Ibu Lingga diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan utama yang dihadapi meliputi 3 hal yaitu Bidang Manajemen, Bidang Produksi dan Modal Usaha.

Adapun tujuan dan target khusus yang ingin dicapai yaitu meningkatkan pendapatan dan kemampuan anggota KWT tersebut dalam menopang perekonomian  keluarga, dan tercapainya kemandirian usaha.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut  yaitu dengan memberikan Pelatihan dan Pendampingan dalam Menyusun Bisnis Model Canvas yang dapat digunakan KWT untuk memetakan arah bisnis kedepan dengan lebih baik,  membantu Proses Produksi Minuman Empon Empon Bubuk agar dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas produknya, serta membantu pembuatan Proposal Pengajuan Modal Usaha kepada Lembaga Keuangan Terkait.

Untuk meningkatkan produksinya, maka KWT Mentari berusaha memanfaatkan ampas empon empon untuk diproses kembali menjadi minuman siap saji, namun mereka mengalami kendala karena belum memiliki mesin pendingin, sehingga Tim Pengabdian Masyarakat memberikan Mesin Pendingin untuk menyimpan hasil produksi yang berupa minuman siap saji, dan memberikan juga alat untuk memeras empon empon agar diperoleh cairan sari empon empon yang lebih banyak untuk diproses lebih lanjut menjadi bubuk empon empon.

Kegiatan lain yang dilakukan oleh Tim Pengabdian tersebut adalah membuatkan Profil KWT untuk membantu memperkenalkan kegiatan usahanya kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan volume penjuakan dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan mereka. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement