Advertisement

Kabar Gembira! Bulan Depan Trans Jogja Akan Diintegrasikan dengan KRL

Sunartono
Sabtu, 27 Agustus 2022 - 10:07 WIB
Arief Junianto
Kabar Gembira! Bulan Depan Trans Jogja Akan Diintegrasikan dengan KRL Foto ilustrasi bus Trans Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Angkutan massal Trans Jogja akan diintegrasikan dengan kereta listrik. Program yang akan diluncurkan pada September 2022 mendatang ini bertujuan memudahkan masyarakat pengguna kereta listrik dan Trans Jogja.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan integrasi penggunaan Trans Jogja dengan KRL akan dimulai pada September 2022 mendatang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Integrasi tersebut dilakukan untuk memudahkan karena tidak sedikit para pengguna KRL Jogja-Solo juga menggunakan Trans Jogja sebagai angkutan menuju stasiun. "Kami sudah ada kesepakatan dengan KCI [PT Kereta Commuter Indonesia], mungkin akan kami launching pada September saat Hari Perhubungan Nasional," kata Made, Sabtu (27/8/2022).

BACA JUGA: Pantomim Jadi Cara Seniman Ini Selami Dunia Anak Difabel

Made menambahkan konsep integrasi ini nantinya lebih pada penggunaan satu kartu untuk kedua jenis moda. Sehingga para pengguna tidak perlu memegang banyak kartu, cukup satu kartu saja tetapi bisa dipakai untuk KRL sekaligus Trans Jogja.

Kartu tersebut sebagai salah satu media transaksi nontunai untuk pembayaran kedua moda tersebut. "Satu kartu bisa dipakai KRL-Trans Jogja. Kartu diproduksi kartunya dilakukan KCI meskipun sampai Jakarta tetap bisa pakai kartu itu tidak harus berganti-ganti. Dia punya kartu itu bisa naik KRL dan Trans Jogja," ujarnya.

Made memastikan saat ini semua jalur Trans Jogja terkoneksi dengan stasiun kereta api di wilayah DIY. Sehingga sangat memudahkan akses bagi para pengguna KRL. "Untuk sementara programnya baru menyasar pengguna KRL. Kalau pelajar ada program juga, sekarang kami buat program juga untuk pelajar, kami berharap dalam melakukan aktivitasnya menggunakan angkutan umum," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sejumlah Fenomena Alam Aneh Terjadi di Turki Sebelum Gempa Mengguncang

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement