Advertisement

Tak Tanggung-Tanggung, 3 Menteri Bareng-Bareng Kampanyekan Safety Riding di UGM

Newswire
Sabtu, 27 Agustus 2022 - 13:07 WIB
Arief Junianto
Tak Tanggung-Tanggung, 3 Menteri Bareng-Bareng Kampanyekan Safety Riding di UGM Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam acara "Road Safety Campaign" di UGM, Sabtu (27/8/2022). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengampanyekan upaya keselamatan dalam berkendara Road Safety Campaign di UGM, Sabtu (27/8/2022).

Mahfud, Budi Karya, dan Retno Marsudi mengendarai sepeda motor dengan memakai helm serta diikuti sejumlah komunitas motor, mulai dari kawasan Grha Sabha Pramana menuju BNI Food Park UGM. "Kami tahu mandat safety ini bukan milik kami sendiri, tetapi milik bangsa, secara kebetulan Kemenhub menjalankan," kata Budi Karya.

Dia mengatakan sosialisasi dan kampanye keselamatan dalam berkendara harus terus dilakukan, khususnya bagi pengendara sepeda motor, mengingat angka korban kecelakaan kendaraan di Indonesia 73% merupakan pengguna motor.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Kecelakaan itu 73 persen adalah naik motor dan mayoritas anak muda; dengan langkah-langkah kecil untuk mengingatkan mudah-mudahan bisa menjadi baik," tambahnya.

BACA JUGA: Dilantik Bupati, Ishadi Langsung Tancap Gas Kembangkan Pariwisata Sleman

Sementara itu, Mahfud mengatakan kampanye keselamatan berkendara menjadi penting karena banyak nyawa manusia melayang sia-sia karena kecelakaan di jalan. Apalagi, lanjutnya, tingkat kecelakaan lalu lintas lebih banyak dibandingkan korban Covid-19 dan jauh di atas rata-rata penyakit lainnya.

"Karena itu, kita sambut baik kegiatan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Kemenhub ini, yang oleh negara memang ditugasi untuk menjamin dan menjaga keselamatan lalu lintas di jalan," kata Mahfud.

Rektor UGM Ova Emilia mengatakan keselamatan berkendara berkaitan dengan perilaku seseorang. Sebagai mayoritas pengguna sepeda motor, dia berharap para pemuda, termasuk mahasiswa, ikut menyuarakan dan memberikan contoh kepada masyarakat tentang keselamatan berkendara. "Ini bagus sekali kampanye keselamatan berkendara [digelar] di kampus karena pengguna motor kebanyakan adalah anak muda," ujar Ova Emilia.

Advertisement

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bulan Madu Ternyata Tak Harus Berdua, Perempuan Ini Contohnya

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement