Advertisement

Tol Jogja YIA Lewat Sedayu, Ini Harapan Bupati Bantul

Ujang Hasanudin
Senin, 05 September 2022 - 13:07 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja YIA Lewat Sedayu, Ini Harapan Bupati Bantul Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pembangunan Tol Jogja Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo dipastikan akan melewati wilayah di Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul. Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih berharap adanya tol tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat.

Halim mengaku tidak ada usulan khusus dari Bantul karena pembangunan tol tersebut sudah dirancang oleh Pemerintah Pusat dan Pemda DIY. Ia mempercayakan desain tol itu pada Pemerintah Pusat dan Pemda DIY sehingga Bantul tinggal menunggunya.

“Harapan dengan adanya tol ini akses barang dan jasa dari dan menuju DIY termasuk Bantul semakin lancar, apalagi Bantul kawasan industri, sehingga ekspor produk Bantul makin lancar dengan dukungan infrastruktur jalan yang semakin memadai,” kata Halim, Sabtu (3/9/2022) malam.

Ia sangat mendukung adanya pembangunan tol tersebut.  

“Pemerintah Pusat sudah bikin kajian, kami pecaya kajian Pemerintah Pusat bisa [bahwa adanya tol Gamping-YIA] bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat,” kata dia.

Tol Jogja YIA akan melewati tiga kabupaten, yakni Sleman, Bantul, dan Kulonprogo. Jalur tol berada di 11 kapanewon atau kecamatan serta 30 perdukuhan. Panjang tol ini sekitar 38,57 kilometer dengan perkiraan luas lahan 503 hektare atau dengan exit toll di empat lokasi, yakni Exit Gamping, Exit Sentolo, Exit Wates, dan Exit menuju YIA.

Karena melewati tiga kabupaten, tim pengadaan lahan akan bertemu dengan kepala daerah sekaligus meminta izin untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno menjelaskan dalam waktu dekat akan ada rapat koordinasi lintas sektoral untuk membahas trase Tol Jogja YIA yang diajukan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pertemuan ini sekaligus sebagai langkah awal dari tim persiapan pengadaan lahan Tol Jogja YIA untuk menerbitkan izin penetapan lokasi (IPL) dan pembebasan lahan. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arkeolog Temukan Gigi Berusia 1,8 Juta Tahun di Georgia

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement