Advertisement

Dishub DIY Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Media Digital
Selasa, 06 September 2022 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Dishub DIY Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Siti Imeliya Sari dari SMAN 2 Wates Kulonprogo dengan karyanya berjudul Mohlintar Motor Helm Lalu Lintas Pintar. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) DIY terus mendorong generasi pelajar membudayakan tertib berlalu lintas, salah satunya dengan mengadakan seleksi pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan.

Didit Suranto, Kepala Bidang Keselamatan dan Teknologi Transportasi Dishub DIY, mengatakan tujuan seleksi tersebut untuk menumbuhkan kesadaran berprilaku tertib berlalu lintas serta mendorong inovasi teknologi untuk keselamatan berlalu lintas.

Ia menjelaskan seleksi pelajar pelopor di Dishub DIY sebetulnya telah lama diadakan mulai sejak 2016. Dalam perkembanganya, seleksi sempat tidak dilaksanakan pada 2020 dikarenakan anggaran difokuskan untuk penanganan Covid-19.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Pada tahun 2018, seorang peserta mewakili DIY, Aninda Rafa Eka Putri dari SMA N 2 Yogyakarta mendapatkan peringkat kedua tingkat nasional di Jakarta dari jumlah peserta 73 dari seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan RI.

Mulai 2021, seleksi Pelajar Pelopor terselenggara kembali. Seleksi ini melibatkan mulai siswa tingkat SD, SMP dan SMA sederajat. Khusus untuk SD, dan SMP seleksinya hanya sampai tingkat provinsi, sedangkan untuk SMA sampai tingkat nasional.

Pada tahun 2022 saat ini pelaksanaan seleksi pelajar pelopor sudah terlaksana. Terdiri dari seleksi tingkat SD pada tanggal 29 Agustus 2022, dan untuk SMP pada tanggal 30 Agustus 2022 sedangkan untuk SMA sederajat pada tanggal 31 Agustus 2022.

Nama-nama kandidat SMA yang akan mewakili DIY yaitu Devan Cahya Pratama Gunawan dari SMAN 2 Yogyakarta dengan karyanya Prototype Detection Sensor Bus Automatic Berbasis Python Programming. Kemudian Siti Imeliya Sari dari SMAN 2 Wates Kulonprogo dengan karyanya berjudul Mohlintar: Motor Helm Lalu Lintas Pintar.

"Adapun seleksi tingkat nasional di Jakarta akan dilaksanakan pada tanggal 12 -16 September 2022," ucapnya.

Advertisement

Devan Cahya Pratama Gunawan dari SMAN 2 Yogyakarta dengan karyanya Prototype Detection Sensor Bus Automatic Berbasis Python Programming.

Menurutnya, untuk kendala pelaksanaannya sendiri tidak ada, hanya saja perlunya koordinasi yang efektif dengan pihak guru pembimbing masing -masing peserta.

"Ke depan dari para peserta yang mendapatkan kejuaraan akan kita libatkan keikutsertaan dalam kegiatan kampanye keselamatan berlalulintas sesuai tingkatannya. Jika kampanye di sekolah SMA, salah satu peserta SMA yang mendapatkan kejuaraan kita ajak sebagai duta keselamatan berlalulintas," ucapnya.

Advertisement

Ia mengatakan ke depan memungkinkan bisa digunakan oleh bidang lain di Dishub DIY diluar bidang Keselamatan dan Teknologi Transportasi, seperti halnya bidang Angkutan yang juga ada kegiatan sosialisasi pengenalan untuk ikut angkutan umum Trans Jogja dan lain sebagainya.

"Mohon bantuan doanya dari semua warga Yogyakarta untuk kandidat yang mewakili DIY ke tingkat nasional di Jakarta kelak dapat membawa nama baik DIY," katanya.

Ketua Komisi C DPRD DIY Gimmy Rusdin Sinaga mendukung penuh program yang dilakukan Dishub DIY tersebut. Dia mengingatkan agar seleksi pelajar pelopor dilaksanakan secara transparans, baik saat awal pengumuman hingga prosesi seleksi.

"Generasi mendatang memang perlu pembinaan, pelatihan, termasuk bagaimana memotivasi mereka menemukan teknologi terbaru dalam rangka keselamatan berlalu lintas," ucap Gimmy. (***)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Zumi Zola Terkait Dugaan Suap Pengesahan RAPBD Provinsi Jambi

News
| Selasa, 27 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement