Advertisement

Tim Dosen UPNVY Dampingi Petani Tambak di Kabupaten Pati

Yudhi Kusdiyanto
Selasa, 06 September 2022 - 04:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Tim Dosen UPNVY Dampingi Petani Tambak di Kabupaten Pati Tim PbM UPN Veteran Yogyakarta saat mendampingi petani tambak di Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, belum lama ini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Untuk memberdayakan sekaligus mendukung budi daya dan pengembangan produk perikanan nila air payau, tim dosen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) menggelar Pengabdian bagi Masyarakat (PbM) di Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tim yang beranggotakan Edy Nursanto, Dwi Hari Laksana, dan Riria Zendy Mirahati, mendampingi Kelompok Usaha Bersama (KUB) UD Hasil Tambak Berkah.

Ketua Tim PbM, Edy Nursanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Senin (6/9/2022), mengatakan KUB UD Hasil Tambak Berkah yang menjadi mitra merupakan kelompok usaha yang bergerak di bidang ekonomi produktif petani tambak. Kelompok yang berdiri pada 2015 ini merupakan wadah bagi para petani tambak ikan, khususnya untuk mempermudah pengadaan ikan air payau maupun pemasaran hasil produksi. Hasil panen para petani tambak dipasarkan ke sejumlah warung makan dengan harga relatif murah dengan sasaran konsumen menengah ke bawah.

Sejalan dengan kemajuan teknologi pengeringan dan kemasan, maka penjualan ikan nila terus diperluas tak hanya untuk warung makan. Sayangnya, petani tambak belum terbiasa dengan sistem pemasaran online sehingga hasilnya belum efektif dan maksimal.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Keterbatasan peralatan juga menjadi kendala dalam pengembangan usaha ini. Alat pengemasan misalnya, masih manual sehingga membutuhkan waktu pengerjaaan lebih lama. Selain itu, anggota juga belum memiliki kemampuan sistem administrasi yang baik, sehingga KUB ini sulit memperoleh bantuan permodalan dari lembaga keuangan,” kata Edy.

Beberapa persoalan lain yang dihadapi yakni kurang aktifnya anggota KUB membuat kelompok usaha ini tidak dapat berkembang sesuai harapan. “Oleh karena itu diperlukan keterlibatan generasi muda dan perhatian dari pihak terkait dalam pengembangan KUB ini. Untuk mendukung pengembangan, PbM UPNVY memberikan bantuan peralatan berupa mesin pompa air yang digunakan untuk memompa air tawar ke dalam tambak agar kadar garam pada air tambak bisa sesuai standar,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement