Advertisement

Tergiling Mesin Pencacah Batu, Pekerja di Gunungkidul Kehilangan Kaki Kanan

David Kurniawan
Kamis, 08 September 2022 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tergiling Mesin Pencacah Batu, Pekerja di Gunungkidul Kehilangan Kaki Kanan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Kecelakaan kerja terjadi di pabrik penggilingan batu kapur di Dusun Ngrombo, Bedoyo, Ponjong, Gunungkidul, Rabu (7/9/2022) sore. Tidak ada korban jiwa peristiwa ini, namun seorang perkerja mengalami luka-luka dan harus kehilangan kaki kanannya.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto mengatakan, peristiwa nahas ini bermula pada saat korban, Kasmi,53, asal Kalurahan Pucanganom, Rongkop bekerja bersama-sama dengan pekerja perempuan lainnya di pabrik penggilingan batu kapur. Korban bertugas sebagai orang yang memasukan batu-batu ke dalam mesin penggilingan.

Seperti aktivitas biasanya, pada saat kejadian Kasmi memasukan batu-batu ke mesin dengan menaiki tempat penampungan. Sayangnya, korban kurang hati-hati sehingga kaki bagian kanan terperosok ke mesin penggilingan. “Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB dan peristiwa tersebut sudah dilaporkan ke petugas di Polsek Ponjong,” kata Suryanto kepada wartawan, Kamis (8/9/2022) pagi.

Akibat kecelakaan kerja itu, Kasmi harus kehilangan sebelah kaki di bagian kanan mulai dari betis ke bawah. Kakinya terputus dikarenakan ikut tergiling mesin yang biasa digunakan untuk mencacah batu kapur di pabrik tempatnya bekerja.

“Sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,” katanya.

Dia berharap peristiwa kecelakaan kerja ini menjadi pembelajaran bersama agar kejadian yang sama tidak terulang. Guna mengurangi risiko kecelakaan, para pekerja diminta terus menggunakan alat pelindung diri untuk keselamatan masing-masing.

“Intinya harus berhati-hati dan keselamatan harus dijaga karena menjadi hal yang paling utama,” kata Suryanto. 

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement