Advertisement

Cetak Insan Berkualitas, SDN Percobaan 3 Pakem Optimalkan Peran Tripusat Pendidikan

Media Digital
Jum'at, 09 September 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Cetak Insan Berkualitas, SDN Percobaan 3 Pakem Optimalkan Peran Tripusat Pendidikan Koordinasi tentang penyelenggaraan pendidikan antara perwakilan orang tua dan komite SDN Percobaan 3 Pakem, Sleman pada Jumat (9/9/2022). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Sebagai salah satu sekolah dasar unggulan di Kabupaten Sleman, SD Negeri Percobaan 3 Pakem berkomitmen mencetak insan berkualitas. Hal itu diwujudkan dengan kegiatan pembelajaran yang optimal dan didukung fasilitas yang memadai.

Selain itu, SDN Percobaan 3 Pakem juga menawarkan 17 kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Guru yang andal, fasilitas yang memadai, serta pengembangan minat bakat di sekolah, bisa meningkatkan kualitas siswa SDN Percobaan 3 Pakem.

Kepala SDN Percobaan 3 Pakem Yuni Pratiwi menjelaskan sekolah dasar memberikan dasar pengetahuan dan karakter bagi siswa. Dengan begitu, orang tua bisa mengarahkan anak untuk meningkatkan minat dan bakatnya ke jenjang pendidikan selanjutnya.

siswa SDN Percobaan 3 Pakem, Sleman saat belajar di kelas pada Jumat (9/9/2022).

Namun, sekolah ini tidak hanya peduli dengan pengembangan kognitif siswa semata, tetapi juga upaya pengembangan karakter. Melalui kegiatan Pola Asuh Pendidikan Karakter Keluarga 28 (Pasukan Raga 28), Yuni memastikan antarsiswa bisa saling membaur dan belajar empati, sehingga bisa mencegah bullying.

"Pasukan Raga 28 itu salah satu model pengasuhan atau pendidikan karakter di sekolah kami yang berbasis presensi peserta didik. Jadi seluruh anak di semua kelas kami kumpulkan dalam satu keluarga melalui nomor presensi, jadi anak yang tertua bisa mengasuh adik kelasnya dan memberi contoh yang baik, yang jelas itu untuk mencegah bullying," terang Yuni kepada Harian Jogja di kantornya, Jumat (9/9/2022).

Sebagai rumah kedua bagi siswa, sekolah memiliki peran yang besar untuk pengembangan karakter. Melalui Pasukan Raga 28, Yuni menganggap kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi setiap siswa untuk mengaktualisasikan diri.

"Kegiatannya beragam, mulai dari kakak kelas menjadi motivator dan pembimbing adik kelasnya, penguatan literasi dengan membacakan buku, hingga bermain permainan tradisional. Kemudian ada juga pembiasaan makan sehat dan PHBS [pola hidup bersih dan sehat], serta pengembangan minat dan bakat lewat penampilan saat pentas," terangnya.

Guna mendukung kegiatan ekstrakurikuler dan pemenuhan sarana dan prasarana lainnya, Yuni menerangkan SDN Percobaan 3 Pakem mengoptimalkan peran tripusat pendidikan yaitu pemerintah, keluarga, dan masyarakat. Sebab, sekolah tidak akan sukses mengantarkan murid-muridnya tanpa dukungan dari berbagai pihak, khususnya orang tua atau wali murid.

Advertisement

Setiap awal tahun pelajaran, seusai kurikulum disahkan oleh Dinas Pendidikan Sleman, sekolah menyosialisasikan kurikulum kepada seluruh warga, termasuk orang tua. "Harapannya agar semua bisa memahami dan membantu terlaksananya program pendidikan. Ketika orang tua tahu program sekolah, harapannya dapat memberikan dukungan moril dan materiel, bisa berupa dukungan dan motivasi, maupun sumbangan pendanaan," urainya.

Project Based Learning berbasis digital yang dijalankan SDN Percobaan 3 Pakem, Sleman.

Advertisement

Ia memastikan mengacu pada pasal kedua PP No. 48/2008 tentang Pendanaan Pendidikan, dijelaskan bahwa pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Maka selain menggunakan dana yang bersumber dari dana BOS reguler dan BOS APBD, sekolah juga bisa mengharapkan dana sumbangan dari masyarakat yang bersifat sukarela.

"Penggalangan sumbangan dana dari masyarakat yang dilakukan SD Percobaan 3 sesuai dengan Permendikbud No.44/2012. Sumbangan itu bersifat sukarela, tidak memaksa, tidak mengikat, dan tidak ditentukan jumlah maupun jangka waktu pemberiannya," kata Yuni.

Prosedurnya juga disesuaikan dengan Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman No.528/2018 tentang Petunjuk Teknis Penggalangan dan Pengelolaan Sumbangan pada Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Hingga kini, sumbangan dari masyarakat yang diperoleh SDN Percobaan 3 Pakem bahkan tidak hanya dari wali murid, melainkan juga dari alumni serta corporate social responsibility (CSR) dari berbagai pihak. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Girls! Ini 10 Negara yang Tidak Aman untuk Perempuan

News
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement