Advertisement

Kenaikan BBM Bakal Berdampak ke Harga Telur? Ini Kata Peternak di Sleman

Anisatul Umah
Sabtu, 10 September 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Kenaikan BBM Bakal Berdampak ke Harga Telur? Ini Kata Peternak di Sleman Ilustrasi peternakan ayam petelur - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAKenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berimbas pada naiknya beberapa jenis kebutuhan pokok. Bagaimana dengan telur, akankah ikut melonjak?

Salah satu peternak di Kapanewon Ngaglik, Sleman, Cahyaditya Pratama Putra, mengatakan harga pokok produksi (HPP) telur lebih dominan dipengaruhi kenaikan harga pakan. Meski demikian kenaikan harga BBM tentu akan berdampak juga.

Advertisement

"Mengikuti kenaikan harga BBM, sama jasa transportasinya. Saya tanya teman yang jual telurnya keluar kota HPP-nya naik 5% karena kenaikan BBM," ucapnya kepada Harian Jogja, Sabtu (10/9/2022).

Dia menjelaskan kendala yang dihadapi peternak yakni adanya harga acuan pembelian/penjualan (HAP) telur ditetapkan Rp22.000-Rp24.000. Sementara untuk komponen pakan tidak. Padahal harga pakan mempengaruhi HPP.

Saat HPP naik sementara peternak harus menjual sesuai HAP maka akan merugi. Menurutnya saat ini keuntungan yang diperoleh cukup tipis.

"Naiknya [BBM] sebenarnya tidak seberapa [pengaruhnya] dibandingkan harga komponen pakan. Kami prinsipnya bahan baku khususnya jagung ambil dari lokal bisa terkontrol harganya. Kami sebagai peternak bisa atur harga telur yang layak bagi konsumen," paparnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih, mengatakan harga telur sempat naik beberapa pekan lalu dampak pencairan bantuan non tunai. Sehingga ketersediaan di pasar menipis.

"Otomatis harganya naik namun beberapa hari belakangan turun," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement