Advertisement

Kini Dimiliki Pemda DIY, Berapa Nilai Aset Malioboro Mall dan Hotel Ibis?

Sunartono
Rabu, 14 September 2022 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Kini Dimiliki Pemda DIY, Berapa Nilai Aset Malioboro Mall dan Hotel Ibis? Suasana Malioboro Mall yang berada di Jalan Malioboro, Jogja, Selasa (13/9/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Malioboro Mall dan Hotel Ibis Jogja kini sah menjadi milik Pemda DIY menyusul berakhirnya kontrak kerja sama pengelolaan dua usaha tersebut antara Pemda dengan rekanan.

Dua bangunan ini diketahui berada di pusat bisnis dan pariwisata Jogja yakni kawasan Malioboro. Pemda DIY membeberkan berapa sebenarnya nilai aset dua bangunan itu.

Advertisement

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY Wiyos Santoso mengatakan total nilai aset tanah dan dua bangunan tersebut berkisar antara Rp50 miliar hingga Rp60 miliar.

“Tanahnya dulu milik Pemda, cuma karena sistemnya BOT [build operate transfer] kemudian bangunannya menjadi milik Pemda setelah perjanjian berakhir. Kalau kemarin kan kita tidak mengakui gedungnya, tetapi sejak perjanjian berakhir resmi jadi milik Pemda DIY,” ujarnya, Rabu (14/9/2022). 

Terkait karyawan lama, lanjutnya, akan tetap diprioritaskan untuk dapat diterima oleh manajemen baru yang kini mengelola Malioboro Mall dan Hotel Ibis. Meski demikian tetap memperhatikan profesionalitas. Jika memang ada SDM lama yang tidak sesuai maka tentunya menjadi pertimbangan untuk tidak diterima. 

“Misalnya yang ndableg, bekerjanya tidak profesional ya tentunya jadi pertimbangan. Pihak pengelola baru kan tidak tahu siapa mereka dan latar belakangnya,” ucap Wiyos.

BACA JUGA: Malioboro Mal Tidak Dikelola BUMD, Tapi Disewakan ke Manajemen Baru

Pemda saat ini membuka opsi model pengelolaan dua unit bisnis itu dengan sistem Kerja sama pemanfaatan (KSP). Mengingat bentuk kerja sama dengan waktu 30 tahun ini dianggap lebih menguntungkan ketimbang sekadar disewakan. Namun prosesnya rumit harus mendapatkan izin dari Pemerintah Pusat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement