Advertisement

Kini Dimiliki Pemda DIY, Berapa Nilai Aset Malioboro Mall dan Hotel Ibis?

Sunartono
Rabu, 14 September 2022 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Kini Dimiliki Pemda DIY, Berapa Nilai Aset Malioboro Mall dan Hotel Ibis? Suasana Malioboro Mall yang berada di Jalan Malioboro, Jogja, Selasa (13/9/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Malioboro Mall dan Hotel Ibis Jogja kini sah menjadi milik Pemda DIY menyusul berakhirnya kontrak kerja sama pengelolaan dua usaha tersebut antara Pemda dengan rekanan.

Dua bangunan ini diketahui berada di pusat bisnis dan pariwisata Jogja yakni kawasan Malioboro. Pemda DIY membeberkan berapa sebenarnya nilai aset dua bangunan itu.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY Wiyos Santoso mengatakan total nilai aset tanah dan dua bangunan tersebut berkisar antara Rp50 miliar hingga Rp60 miliar.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Tanahnya dulu milik Pemda, cuma karena sistemnya BOT [build operate transfer] kemudian bangunannya menjadi milik Pemda setelah perjanjian berakhir. Kalau kemarin kan kita tidak mengakui gedungnya, tetapi sejak perjanjian berakhir resmi jadi milik Pemda DIY,” ujarnya, Rabu (14/9/2022). 

Terkait karyawan lama, lanjutnya, akan tetap diprioritaskan untuk dapat diterima oleh manajemen baru yang kini mengelola Malioboro Mall dan Hotel Ibis. Meski demikian tetap memperhatikan profesionalitas. Jika memang ada SDM lama yang tidak sesuai maka tentunya menjadi pertimbangan untuk tidak diterima. 

“Misalnya yang ndableg, bekerjanya tidak profesional ya tentunya jadi pertimbangan. Pihak pengelola baru kan tidak tahu siapa mereka dan latar belakangnya,” ucap Wiyos.

BACA JUGA: Malioboro Mal Tidak Dikelola BUMD, Tapi Disewakan ke Manajemen Baru

Pemda saat ini membuka opsi model pengelolaan dua unit bisnis itu dengan sistem Kerja sama pemanfaatan (KSP). Mengingat bentuk kerja sama dengan waktu 30 tahun ini dianggap lebih menguntungkan ketimbang sekadar disewakan. Namun prosesnya rumit harus mendapatkan izin dari Pemerintah Pusat. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dijual Segera, Kerangka Dinosourus Usia 150 Tahun untuk Ruang Tamu

News
| Senin, 26 September 2022, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement