Advertisement

Virtual Account Wujud Transparansi BPKH Kelola Setoran Dana Haji Masyarakat

Media Digital
Rabu, 14 September 2022 - 10:12 WIB
Budi Cahyana
Virtual Account Wujud Transparansi BPKH Kelola Setoran Dana Haji Masyarakat Ilustrasi haji - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Pengelolaan keuangan haji harus dilakukan dengan transparan. Hal ini diperlukan sehingga calon Jemaah dapat mengetahui pengelolaan dana yang mereka setorkan termasuk juga manfaat yang mereka terima.

Dengan demikian, calon Jemaah tidak lagi merasa khawatir akan dana yang mereka setor. Di era digital saat ini, penting bagi calon jemaah haji untuk dapat mengetahui dana haji yang mereka setor secara dengan mudah, kapan pun, dan di mana pun. Hal ini diwujudkan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui virtual account.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Virtual account yang dikelola oleh BPKH merupakan milik jemaah haji tunggu yang menampung nilai manfaat atau imbal hasil pengembangan dana setoran. Jemaah dapat memantau saldo yang ada secara real time dan melihat nilai manfaatnya hanya dengan membuka virtual account.

Salah satu Jemaah calon haji, Eka Sumardiyanta, 47, warga Tempel, Sleman, Yogyakarta mengaku virtual account sangat bermanfaat bagi khususnya untuk mengetahui besarnya nilai manfaat dana haji setiap tahun. Virtual account juga merupakan bentuk transparansi BPK dalam mengelola dana haji.

“Melalui layanan virtual account ini, kita dapat memantau langsung, perkembangan dan pengelolaan setoran dana hajinya. Caranya pung sangat mudah, kita tinggal mengecek melalui website va.bpkh.go.id, masukkan nomor virtual account atau porsi, juga tanggal lahir,” ungkap Eka yang mengaku sudah sepuluh tahun menjadi jemaah daftar tunggu.

Saldo yang ada di virtual account dapat digunakan sebagai pengurang nilai pelunasan pada saat jemaah melakukan pelunasan menjelang keberangkatan. “Dari sini kita tahu nilai manfaat yang diperoleh jemaah sangat besar,” kata Eka.

Deputi Bidang Keuangan BPKH Juni Supriyanto mengatakan BPKH selalu berpegang teguh pada prinsip transparansi dalam mengelola keuangan haji yang sangat besar. BPKH melakukan diseminasi kepada masyarakat melalui anggotanya, jajaran di bawahnya, maupun oleh dewan pengawas. Melalui diseminasi tersebut masyarakat diharapkan mendapatkan informasi secara langsung terkait transparansi dana haji.

Virtual account merupakan salah satu terobosan yang dilakukan BPKH agar pengelolaan dana haji

Advertisement

dapat dilakukan secara transparan. Selain itu, layanan virtual account juga merupakan amanah dari UU No.34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Dana Haji. Virtual account juga merupakan implementasi dari prinsip pengelolaan keuangan haji yang transaparan kepada publik.

Melalui layanan virtual account, jemaah calon haji dapat memantau dan mengecek langsung secara realtime perkembangan dan pengelolaan dana haji yang telah disetorkan. Virtual account memiliki banyak manfaat bagi calon jemaah. Salah satunya adalah calon jemaah dapat memantau dananya dan nilai manfaat yang diterima sebagaimana secara langsung (real time) serta transparan.

Detail penggunaannya juga sangat mudah, cukup masuk ke website https://va.bpkh.go.id/ lalu input

Advertisement

nomor VA atau nomor porsi dan tanggal lahir jemaah. Selain dengan virtual account, bentuk transparansi pengelolaan keuangan haji juga dilakukan dengan penyampaian laporan keuangan kepada masyarakat luas.

Laporan keuangan setiap tahun dipublikasikan di website BPKH yakni https://bpkh.go.id/laporan-keuangan-bpkh/. Dari situ, masyarakat dapat mengakses dengan mudah dan mengunduh laporan tersebut sehingga bisa melihat langsung lebih detail laporannya.

Selain itu laporan keuangan haji juga diaudit langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan kemudian dilaporkan kepada Presiden dan DPR RI. Proses pelaporan ini adalah bagian dari upaya BPKH untuk transparansi dana haji ke publik. (ADV)

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement