Advertisement

Lokasi Syuting Jailangkung di Waduk Sermo, Horornya Kebangetan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 23 September 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lokasi Syuting Jailangkung di Waduk Sermo, Horornya Kebangetan Wisatawan menikmati pemandangan alam di salah satu sisi Waduk Sermo yang menjadi spot foto di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Selasa (27/11/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Film Jailangkung: Sandekala resmi tayang di bioskop Tanah Air pada Kamis (22/9/2022) kemarin. Bagi warga Jogja, film ini menarik karena lokasi syutingnya bertempat di Waduk Sermo, salah satu destinasi wisata di Kulonprogo.

Dipilihnya Jogja sebagai lokasi syuting film horor bukanlah kali pertama. Sebelumnya, KKN di Desa Penari juga memilih Jogja untuk lokasi syuting. Salah satu lokasi yang dipilih adalah Plunyon di kawasan wisata Kalikuning, Sleman.

Film horor Jailangkung: Sandekala merupakan karya Kimo Stamboel. Film ini dibintangi oleh artis papan atas Titi Kamal, Muzakki Ramdhan dan juga Dwi Sasono. Film ini mengangkat sebuah keyakinan di masyarakat bahwa saat matahari tenggelam atau saat maghrib dilarang keluar rumah.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Waduk Sermo menjadi tempat dimana keluarga yang diceritakan dalam film itu mengalami musibah di sebuah danau. Danau yang dimaksud adalah Waduk Sermo.

Baca juga: Sinopsis Jailangkung: Sandekala, Film Horor Karya Sutradara Kimo Stamboel Tayang Besok

Kimo Stamboel mengatakan awalnya ia memilih lokasi syuting di Jawa Barat agar dekat dengan mitos Sandekala dan Jailangkung. Namun karena pertimbangan tingkat horor lokasi syuting dan skalanya, ia menjatuhkan pilihan ke Waduk Sermo.

Dilansir dari Antara, kejadian saat syuting Jailangkung: Sandekala ini adalah pengalaman mistis terseram yang pernah dialami Titi Kamal. Tak hanya mendengar suara misteri, di lokasi syuting juga terdapat banyak kejadian mistis seperti keserupan dan penampakan makhluk halus.

Titi mengatakan kehadiran makhluk halus pun mengikuti sampai ke hotel tempatnya menginap. Meski demikian, ibu dua anak tersebut menjadikan pengalaman mistis saat syuting Jailangkung: Sandekala ini sebagai pelajaran untuk mendalami peran.

“Takut sih pasti ya, tapi jatuhnya jadi lebih gampang dalam mendalami peran. Kan ada adegan takut-takut gitu, jadi takut beneran. Ini serem banget sih. Aku pernah syuting di Garut, di hutan tapi enggak seserem ini,” katanya.

Advertisement

Dikutip dari Wikipedia, Waduk Sermo adalah sebuah waduk yang dibangun mulai tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Waduk Sermo beralamat di Sremo Tengah RT/RW 63/23, Sremo Tengah, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Profil Howard Timotius Palar, Petinggi Indomaret yang Meninggal Tertabrak Truk

News
| Kamis, 06 Oktober 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement