Advertisement

Kunjungi Harian Jogja, Dubes Ukraina Vasyl Hamianin Ungkap Misinya ke Sejumlah Kampus

Sunartono
Jum'at, 23 September 2022 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
Kunjungi Harian Jogja, Dubes Ukraina Vasyl Hamianin Ungkap Misinya ke Sejumlah Kampus Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin saat menerima kenang-kenangan dari Pemred Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono dalam kunjungannya, Kamis (22/9/2022) malam. - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Jalan AM. Sangaji, Kota Jogja, Kamis (22/9/2022) malam. Bersama awak Harian Jogja, Vasyl mendiskusikan berbagai hal, mulai dari hukum, kerja sama pendidikan hingga tokoh Indonesia yang menjadi panutan di negaranya. 

Kunjungan itu diterima oleh Pemred Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono, Redaktur Pelaksana Nugroho Nurcahyo, dan awak redaksi lainnya. Datang sekitar pukul 18.45 WIB, Vasyl baru meninggalkan Harian Jogja sekitar pukul 21.00 WIB karena berdiskusi banyak hal. Vasyl berada di Jogja selama dua hari untuk memberikan kuliah umum di Kampus UMY, UII dan UGM. Dari Jogja, Vasyl bertolak ke Surakarta yang juga memberikan kuliah umum.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Niatnya secara umum adalah membangun kerja sama Ukraina dengan Indonesia agar lebih erat lagi. Salah satunya dengan berbagai perguruan tinggi.

“Ini jadi rencana saya sejak beberapa bulan yang lalu. Bahkan sebelum itu, kami ingin membangun hubungan dengan perguruan tinggi. Sehingga mereka dapat menandatangani perjanjian kerja sama dan memulai pertukaran [mahasiswa], karena tidak banyak mahasiswa Ukraina belajar di sini,” ucapnya. 

BACA JUGA: Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka, MA Kooperatif

Menurutnya sebelum perang, ada ribuan mahasiswa dari India yang belajar di Ukraina untuk belajar kedokteran dan lainnya. Di sisi lain, Indonesia sebagai negara dengan populasi yang besar akan sangat masuk akal ketika menyelesaikan persoalannya secara mandiri. 

“Mungkin dalam waktu dekat, kita bisa menjalin hubungan. Kami membahas kemungkinan pemberian beasiswa untuk memulainya, meski pun dalam jumlah kecil. Kami juga memberikan sedikit beasiswa untuk pelajar muslim Rumania, karena kami masih memiliki komunitas muslim cukup besar,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lawan Saparatisme di Papua, Panglima Yudo: TNI Angkat Senjata

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement