Advertisement

UKDW Kembangkan Duta Yuswa: Aplikasi Media Sosial untuk Lansia

Media Digital
Senin, 26 September 2022 - 15:27 WIB
Jumali
UKDW Kembangkan Duta Yuswa: Aplikasi Media Sosial untuk Lansia Tim dari Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) - Ist

Advertisement

Yogyakarta - Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) mengembangkan aplikasi media sosial berbasis mobile yang dirancang khusus untuk lansia bernama Duta Yuswa.

Project Duta Yuswa tersebut merupakan hasil kegiatan pengabdian dan penelitian yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Dalam pelaksanaannya, pengembangan aplikasi tersebut melibatkan empat orang dosen yaitu Kristian Adi Nugraha, Restyandito, Christine Novita Dewi, dan Danny Sebastian. Selain itu, kegiatan ini juga dibantu oleh tiga orang asisten mahasiswa yang diimplementasikan sebagai salah satu Program Kampus Merdeka yaitu Kevin Alvaro, Keren Dwi Fani, dan Tania Nathalie.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurut Ketua Tim Pengabdi Kristian Adi Nugraha, Duta Yuswa didesain secara khusus agar mudah digunakan untuk lansia. Berbeda dengan aplikasi mobile pada umumnya yang sulit digunakan bagi para lansia, Duta Yuswa memiliki beberapa penyesuaian komponen di dalamnya berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan sebelumnya. Beberapa contoh di antaranya seperti penggunaan jenis dan ukuran font tertentu serta penggunaan icon-icon khusus yang diharapkan dapat dipahami dan digunakan oleh lansia dengan mudah. Selain itu, dengan memanfaatkan fitur chatbot yang terdapat pada media sosial lain, Duta Yuswa dapat digunakan untuk bertukar pesan dengan pengguna aplikasi lain seperti Telegram.

Sementara itu Ketua Tim Penelitian Restyandito menambahkan, latar belakang dari dikembangkannya Duta Yuswa adalah terdapat banyak lansia yang menghindar dari kegiatan sosial di masyarakat karena merasa rendah diri dan takut merepotkan orang lain. Selain itu, lansia juga seringkali mengalami permasalahan ekonomi karena sudah tidak bekerja, sementara itu kebutuhan sehari-hari harus tetap terpenuhi. Apabila hal tersebut tidak segera diatasi, maka akan memperlebar gap antara lansia dengan segmen masyarakat yang lain.

Terlebih lansia kesulitan menggunakan teknologi di era yang menuntut semua orang harus menggunakan teknologi untuk aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Duta Yuswa diharapkan dapat menjadi jembatan dengan memberikan wadah bagi para lansia agar dapat tetap bersosialisasi melalui teknologi, sehingga mereka akan merasa mendapatkan dukungan sosial dari masyarakat. Selain itu, Duta Yuswa juga memiliki fitur jual beli dan panduan usaha agar para lansia dapat tetap produktif dengan melakukan kegiatan-kegiatan perekonomian yang mudah dilakukan bagi lansia.

Saat ini, Duta Yuswa masih berada dalam tahap pengujian dan rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2022. Selama tahap pengembangan aplikasi, UKDW bermitra dengan YAKKUM Emergency Unit (YEU) yang memiliki jaringan kelompok lansia di dalamnya, salah satunya Kelompok Lintas Generasi (KLG). Pada tanggal 24 September 2022, UKDW melakukan demo purwarupa aplikasi Duta Yuswa di Hotel Crystal Lotus yang dihadiri oleh YEU, Dinas Sosial, dan perwakilan KLG dengan total peserta 50 orang. Pada pertemuan ini juga dilakukan Focus Group Discussion (FGD) agar para peserta dapat memberikan tanggapan dan masukan untuk pengembangan aplikasi Duta Yuswa sebelum diluncurkan kepada publik.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Lereng Merapi Tanam Alpukat Jumbo, Harganya Sampai Rp40.000

News
| Sabtu, 10 Desember 2022, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement