Advertisement

Nikah Bareng di Teras 2 Malioboro Jadi Usaha Tingkatkan Kunjungan Wisata

Triyo Handoko
Jum'at, 30 September 2022 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
Nikah Bareng di Teras 2 Malioboro Jadi Usaha Tingkatkan Kunjungan Wisata Suasana nikab bareng di Teras 2 Malioboro yang diikuti 15 pasangan, Jumat (30/9/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Nikah bareng yang diikuti 15 pasangan pengantin dilakukan di Teras 2 Malioboro, Jumat (30/9/2022). Gelaran tersebut menjadi usaha untuk menggenjot kunjungan wisatawan ke Jogja lebih banyak lagi.

Selain itu, nikah bareng yang dilangsungkan secara unik dengan mahar gudeg ini juga dimaksudkan untuk merayakan berbagai hari besar nasional. Seperti Hari Batik Nasional hingga Hari Ulang Tahun ke-266 Jogja.

Advertisement

Ketua Penyelenggara RM Ryan Budi Nuryanto menyebut kegiatan tersebut bertajuk Holopis Kuntul Baris 15 Pengantin Nusantara Membumikan Pancasila. “Tema diambil menggelorakan kembali slogan yang sering diucapkan Bung Karno Holopis Kuntul Baris, untuk bangkit pasca pandemi dan menghadapi berbagai rintangan secara bergotong royong melalui pernikahan,” jelasnya, Jumat (30/9/2022).

Mahar pernikahan, jelas Ryan, juga dimaksudkan sebagai simbol untuk membangkitkan pariwisata. “Salah satu maharnya yaitu gudeg kendil yang jadi kekhasan kuliner Jogja, selain unik kami maksudkan untuk meningkatkan sektor pariwisata,” ujarnya.

Malioboro dipilih sebagai tempat nikah bareng, lanjut Ryan, juga untuk menyampaikan pesan bahwa Malioboro sudah tertata dan nyaman untuk dikunjungi setelah pandemi. “Kami menggelar acara di Malioboro karena untuk mengenalkan dan mempromosikan kawasan Malioboro,” katanya.

BACA JUGA: Tol Jogja YIA Lewati Dua Desa di Bantul, Akan Melintasi Perkampungan

Desain acara, sambung Ryan, juga dilakukan dengan mempertimbangkan unsur hiburan agar menggaet wisatawan. “Prosesi acara diawali dengan penampilan Tarian Dolalak oleh 25 perias dari Paguyuban Rias Kinasih Jogja sebagai mangayubagyo para tamu dan wisatawan yang berada di Malioboro tepatnya di Teras 2,” ucap Ryan.

Dalam nikah bareng tersebut, pasangan tertua berasal dari Bantul, dengan usia mempelai laki-laki 83 tahun dan perempuan 60 tahun. Sedangkan pasangan termuda untuk mempelai laki-laki 27 tahun dan perempuan 19 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement