Advertisement

Rute Penerbangan Internasional di YIA Bakal Terus Bertambah, Ini Jadwalnya

Catur Dwi Janati
Senin, 03 Oktober 2022 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Rute Penerbangan Internasional di YIA Bakal Terus Bertambah, Ini Jadwalnya Para pelaku perjalanan melalui YIA, Kulonprogo, Rabu (11/5/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sejumlah rute penerbangan internasional di Yogyakarta International Airport atau YIA akan bertambah pada Oktober ini. Penerbangan tujuan ke Malaysia yang menjadi salah satu rute favorit masyarakat untuk perjalanan umrah juga direncanakan semakin banyak.

General Manager YIA Agus Pandu Purnama menyebutkan bakal ada penambahan sejumlah rute penerbangan internasional di YIA pada Oktober. Salah satu yang mencolok adalah penambahan rute YIA - Kuala Lumpur dengan maskapai Malaysia Air. Rute ini disebutkan digemari sejumlah penumpang untuk melakukan perjalanan umrah via Kuala - Lumpur.

Advertisement

"Cukup tinggi [penumpang ke Malaysia], okupansi 70, cukup tinggi. Bahkan ada yang juga sebagian yang memanfaatkan rute tersebut untuk umrah. Jadi umrah melalui Kuala Lumpur," terangnya pada Jumat (24/9/2022).

Saat ini proses perizinan rute ini tengah diurus. "Ini sedang melaksanakan perizinan ke Kementerian Perhubyngan. Tapi perkiraannya ada di bulan Oktober, perkiraannya untuk Malaysia Air," jelasnya.

Penerbangan internasional ke Kuala Lumpur via YIA yang sudah tersedia beberapa waktu yang lalu menggunakan maskapai Air Asia. Maskapai ini berencana menambah jumlah intensitas penerbangannya ke Malaysia. 

Selama ini Air Asia YIA - Malaysia beroperasi dua kali dalam sepekan yakni di hari Jumat dan Minggu. Namun pada 1 Oktober nanti jumlah penerbangannya bakal ditambah jadi empat kali dalam sepekan."Jadi dalam satu pekan itu dilaksanakan [penerbangan] empat kali ke Kuala Lumpur," tandasnya.

BACA JUGA: Penerbangan Internasional di YIA Bertambah Banyak Mulai Oktober, Ini Dia Rutenya

Bergeser ke negara tetangga, rute YIA - Singapura rencananya juga bertambah dengan hadirnya penerbangan Scoot Tiger Air. Menurut Pandu, Scoot Tiger Air akan mulai lepas landas di YIA mulai 15 Oktober nanti. Sebagai permulaan, penerbangan YIA - Singapura Scoot Tiger Air ini baru beroperasi dua kali dalam sepekan, pada hari Senin dan Sabtu.

"Insyaallah doakan tanggal 15 [Oktober] ini sudah dimulai, bahkan dari manajemen Scoot sendiri sudah menjual tiket. Harganya berkisar antara Rp600.000 sampai Rp1 juta," jelasnya.

Dari sisi jumlah penumpang, sampai akhir September Pandu menuturkan jumlah rata-rata penumpang di YIA berkisar di angka 8000 penumpang per hari. Sementara untuk jumlah penerbangannya rata-rata berkisar di 64 penerbangan per hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Enam Jalan Tol Baru Digratiskan Saat Lebaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement