Advertisement

Polisi Ajak Anak Pesisir Pantai di Bantul Bersih-bersih dan Melepas Tukik

Ujang Hasanudin
Kamis, 06 Oktober 2022 - 04:37 WIB
Budi Cahyana
Polisi Ajak Anak Pesisir Pantai di Bantul Bersih-bersih dan Melepas Tukik Sejumlah anak-anak sedang melepas tukik atau anak penyu bersama polisi di Pantai Samas, Kaluragan Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul, Rabu (5/10/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah anggota Polres Bantul mengajak anak-anak membersihkan pantai dan juga melepas tukik di Pantai Samas, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul, Rabu (5/10/2022). Kegiatan tersebut bagian dari program Polisi Sahabat Anak yang diadakan Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbimas) Polres Bantul.

“Kegiatan ini bertujuan mendekatkan polisi dengan anak, terutama dengan anak-anak di pesisir pantai,” kata Kasat Binmas Polres Bantul, AKP Estikomah, Rabu (5/10/2022).

Advertisement

Estikomah mengatakan Satbinmas memiliki program Polisi Sahabat Anak. Program tersebut bervariasi, terkadang berupa permainan tradisional atau mengadakan berbagai permainan yang disukai anak-anak.

Kali ini tema yang diambil adalah bersih-bersih sampah dari pantai sekaligus melepas tukik. Menurutnya, pelapasan tukik ke laut merupakan bentuk pembelajaran kepada anak-anak perlunya melestarikan alam, “Dengan melepas tukik, berarti kita membantu kelangsungan penyu di masa depan,” katanya.

Selain melepas tukik, polisi dan anak-anak juga memunguti sampah, terutama sampah-sampah palstik. “Sampah plastik sangat mencemari lingkungan karena karena tidak mudah terurai, ini juga sebagai edukasi pada anak-anak,” ungkapnya.

Sarijan, salah satu anggota Pokdarwis Pantai Samas, mengapresiasi Satbinmas Polres Bantul bermain bersama anak-anak Pantai Samas. Menurutnya kegiatan tersebut sangat baik supaya anak-anak tidak memandang polisi itu seram, tapi membuat bahagia anak-anak.

“Sebagai warga Pantai Samas, mohon diteruskan terutama kegiatan bermain bersama anak-anak dan peduli lingkungan,” ujarnya.

Di akhir kegiatan polisi juga membagikan sembako kepada para anggota Pokdarwis Pantai Samas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement