Advertisement

Dorong Layanan Kependudukan, Dukcapil Sleman Kerja Sama dengan 9 Faskes & 21 Kalurahan

Anisatul Umah
Selasa, 11 Oktober 2022 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
Dorong Layanan Kependudukan, Dukcapil Sleman Kerja Sama dengan 9 Faskes & 21 Kalurahan Perjanjian Kerja Sama Pelaksanaan Pos Pelayanan Dokumen Kependudukan Sleman antara Pemkab Sleman dengan fasilitas kesehatan dan 21 kalurahan, Selasa (11/10/2022). - Istimewa/Humas Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman menjalin kerja sama dengan sembilan fasilitas kesehatan (faskes) dan 21 kalurahan untuk mendorong cakupan kepemilikan dokumen kependudukan.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pelaksanaan Pos Pelayanan Dokumen Kependudukan dilaksanakan Selasa (11/10/2022) di Hotel Alana Yogyakarta. Kerja sama ini dirancang agar masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan dokumen kependudukan.

Advertisement

Kepala Disdukcapil Sleman Susmiarto mengatakan beberapa inovasi yang dicanangkan yakni pos pelayanan dokumen kependudukan, program jemput bola dokumen kependudukan terutama bagi warga masyarakat yang sakit berat, lanjut usia, penyandang disabilitas, dan mengalami gangguan jiwa.

"Dengan inovasi ini tentunya kami bertekad untuk terus meningkatkan cakupan kepentingan kependudukan dan akurasi data," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat bisa semakin mudah mendapatkan layanan dokumen kependudukan. Dokumen kependudukan banyak digunakan di berbagai instansi dan kebutuhan lainnya.

"Karena data data dan dokumentasi kependudukan begitu banyak digunakan instansi untuk berbagai kebutuhan," lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman akan terus berupaya memperbarui layanan dukcapil online. Pemkab menambah jumlah layanan dari 7 layanan menjadi 11 layanan.

"Diharapkan kesadaran masyarakat meningkat untuk mengurus dokumen kependudukan," paparnya.

Dia menekankan pentingnya peningkatan kapasitas, kompetensi aparat, dan dan petugas mitra layanan dalam menggunakan aplikasi dukcapilonline. Dalam kesempatan yang sama Bupati juga membuka workshop penerapan aplikasi Dukcapilonline versi 2.

"Saya berharap dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan pemahaman petugas, standarisasi kerja serta meminimalisir kendala dan aduan dalam layanan administrasi kependudukan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement