Advertisement

Pengabdian Masyarakat Harus Punya Porsi yang Sama dengan Dua Dharma Lainnya

Lugas Subarkah
Kamis, 20 Oktober 2022 - 07:47 WIB
Budi Cahyana
Pengabdian Masyarakat Harus Punya Porsi yang Sama dengan Dua Dharma Lainnya Para narasumber berdiskusi dalam Pojok Bulaksumur, di selasar barat Gedung Pusat UGM, Rabu (19/10/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagai salah satu dari tridharma perguruan tinggi, pengabdian masyaraat masih seringkali dianggap remeh dibandingkan dua dharma lainnya, pendidikan dan penelitian. UGM berupaya menyeimbangkan ketiganya.

Sekretaris Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPKM) UGM, Ambar Kusumandari, menuturkan seharusnya pengabdian menempati sepertiga dari tridharma. Namun kenyataannya dharma yang satu ini masih dipandang sebelah mata.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Di beberapa perguruan tinggi yang lain. mata kuliah KKN menjadi opsi, boleh mengambil itu, boleh magang. Itu menghilangkan kesejarahan. Menteri Nadiem mengembangkan MBKM [Merdeka Belajar Kampus Merdeka] berdasarkan capaian kuliah melalui KKN,” ujarnya dalam diskusi Pojok Bulaksumur di selasar barat Gedung Pusat UGM, Rabu (19/10/2022).

Di UGM, KKN merupakan mata kuliah wajib universitas. KKN menjadi mata kuliah ciri khas UGM sehingga tidak dapat digantikan mata kuliah lain. “Mahasiswa mempunyai kesempatan melaksanakan pengabdian masyarakat di lapangan,” katanya.

Tak hanya mahasiswa, dosen pun melaksanakan pengabdian masyarakat. Dosen diberi tempat pengabdian masyarakat melalui tiga skema, yakni teknologi tepat guna, desa binaan, dan education for sustainable development.

Di bidang kebencanaan, UGM saat ini memiliki forum Disaster Respon Unit (Deru), yang selalu siaga ketika terjadi bencana. “Meskipun kami selalu berdoa tidak ada bencana, tapi kalau terjadi, DPKM siap. Kalau saat ini mendengar ada bencana, kami langsung koordinasi, rapat, untuk kemudian menerjunkan mahasiswa ke lapangan,” ungkapnya.

Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Masyarakat DPKM UGM, Ardhya Nareswari, mengatakan sasaran pengabdian masyarakat untuk dosen biasanya lebih spesifik. Contohnya penanganan korban bencana.

“Ada juga sasarannya UMKM. Ketika sasasran UMKM, ada aktivitas menignkatkan kualitas UMKM, mendampingi UMKM naik kelas. Ada lagi komunitas anak muda. Kami dampingi. kadang pelatihan terkait branding kalau mereka punya suatu usaha,” kata dia.

Advertisement

Pengabdian masyarakat bisa jadi merupakan penerapan penelitian, bisa juga menjadi bagian dari pembelajaran. “Misal dosen melibatkan mahasiswa, mahasiswa akan belajar langsung dari masyarakat,” ujarnya. (***)

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fantastis! Segini Harta Kekayaan Calon Panglima TNI Yudo Margono yang Dipilih Jokowi

News
| Senin, 28 November 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement