Advertisement

Wisuda 988 Mahasiswa, Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta Ingatkan Alumni untuk Jaga Pancasila

Media Digital
Minggu, 23 Oktober 2022 - 08:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Wisuda 988 Mahasiswa, Rektor UPN Suasana wisuda mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta periode 1 tahun akademik 2022/2023 pada Sabtu (22/10/2022). - Harian Jogja - Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menggelar Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Program Diploma III, Sarjana, Magister dan Doktor periode 1 tahun akademik 2022/2023 pada Sabtu (22/10/2022) bertempat di Auditorium W.R Supratman.

Acara tersebut dimulai dengan iring-iringan para senat dari masing-masing fakultas menuju ruangan auditorium. Banyaknya orang yang hadir membuat ruangan panitia menyiapkan tempat duduk di beberapa titik di sekitar auditorium dengan layar besar untuk menyaksikan momen bahagia prosesi wisuda.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Wisuda kali ini menjadi yang kedua kalinya diselenggarakan pasca pandemi mereda. Pada wisuda tahun ajaran 2022/2023 ini UPNVY meluluskan 988 wisudawan. Adapun rincian sebagai berikut: 2 program doktor, 92 program magister, 854 program sarjana, dan 40 program diploma III.

Sementara sebanyak 353 mahasiswa memperoleh predikat cumlaude.

Wisuda ini dibuka langsung oleh Rektor UPNVY Prof. Muhammad Irhas Effendi. Dalam sambutanya, dirinya mengharapkan para wisudawan dan wisudawati memiliki bekal untuk tetap menjaga negara melalui Pancasila.

Dirinya mengingatkan tentang dua hari bersejarah bangsa Indonesia pada bulan Oktober, yaitu Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober dan Hari Sumpah pemuda yang diperingati pada 28 Oktober.

Sebagai kampus "Bela Negara", UPNVY mengingatkan pentingnya menjaga keutuhan bangsa dengan menjaga pancasila.

“Kita harus berupaya agar tidak ada lagi kelompok yang mengganggu ataupun mengganti pancasila. Para wisudawan punya peran penting untuk menjaga negara, apalagi merupakan lulusan kampus bela negara,”ujar Irhas.

Advertisement

“Tanggal 28 Oktober mengajarkan arti penting kesatuan dan kesatuan. Maka generasi kini ada baiknya bertanya kepada diri masing-masing seberapa besar semangat nasionalisme perjuangan anda sekalian,” lanjutnya.

Salah seorang wisudawan program magister, Eka Budy Santoso mengatakan kelulusanya ini begitu berharga sebagai cara untuk membahagiakan kedua orangtuanya. “Pada titik ini merupakan pencapaian luar biasa dan kado terindah buat orang tua,” kata Eka.

Ia yang merupakan lulusan Program Magister Ilmu Komunikasi mengaku kuliah di sela waktu bekerja. Meski butuh usaha yang keras, Eka senang karena selama berkuliah bisa membagi waktu tanpa mengesampingkan hal yang lain.

Advertisement

“Kuliah ini untuk mengembangkan keilmuan yang lebih substantif dan detail, saya ingin lebih ter-upgrade lagi,” ujar pria yang juga bekerja sebagai Public Relations di PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam acara tersebut juga diberikan penghargaan kepada sejumlah mahasiswa dari berbagai fakultas yang mendapat predikat sebagai cendekiawan dan cendekia. Predikat tersebut diberikan atas berbagai prestasi yang telah diraih dan mengharumkan nama kampus.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement