Advertisement

Pengabdian Masyarakat UPN Bantu Pengrajin Anyaman Bambu Moyudan

Media Digital
Kamis, 27 Oktober 2022 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Pengabdian Masyarakat UPN Bantu Pengrajin Anyaman Bambu Moyudan Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan awal penggunaan mesin untuk membekali para pengrajin bambu di Kecamatan Moyudan, Sleman beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) melaksanakan pendampingan bagi Kelompok Pengrajin Anyaman Bambu (KPAB) “Prima Bambu” di Kecamatan Moyudan, Sleman.

KPAB “Prima Bambu” dipilih menjadi mitra program dikarenakan kelompok masyarakat yang produktif secara ekonomi berskala kecil, dan perluasan jaringan distribusi produk masih dilakukan secara lokal dan terbatas.

Advertisement

Pada pengabdian kepada Masyarakat ini tim dosen dari UPN Veteran Yogyakarta yang terdiri dari Oliver Samuel Simanjuntak, Hasan Mastrisiswadi, Ismianti, dan Medi Trilaksono Dwi Abadi serta mahasiswa mencoba membantu permasalahan yang dihadapi oleh perajin anyaman bambu di Prima Bambu yang saat ini mengalami kendala dalam proses produksi. Adapun kendala yang dialami adalah proses irat dan pelengkungan bambu yang membutuhkan waktu lama, hasil tidak presisi, serta membahayakan pengrajin.

"Tim dari UPNVY membantu merancang dan membuat mesin irat dan pelengkung yang dapat digunakan oleh pengrajin untuk mempercepat proses produksi. Selain itu dengan mesin irat dan pelengkung ini, pengrajin juga lebih aman dalam bekerja," ujar Ketua Tim Dosen Oliver Samuel Simanjuntak dalam rilisnya, Kamis (27/10/2022).

Menurut Oliver dengan adanya mesin irat dan pelengkung ini, pengrajin akan terbantu karena bisa membuat produk lengkung dengan berbagai model secara lebih cepat dan aman. Diharapkan dengan adanya bantuan alat ini, produk yang dihasilkan oleh KPAB Prima Bambu lebih baik dan lebih berkualitas sehingga semakin banyak konsumen yang tertarik dengan produk-produk dari KPAB Prima Bambu.

Sementara Ketua KPAB Prima Bambu Sarjiman memberikan apresiasi atas pendampingan yang telah diberikan tim dosen UPN Veteran Yogyakarta. Adanya pendampingan yang diberikan, menurut dia, memberikan kualitas produk yang lebih baik sehingga diminati pasar. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement