Advertisement

Mahasiswa UMY Mengadakan Health Promotion dan Senam Bersama di Spanyol

Media Digital
Selasa, 01 November 2022 - 17:22 WIB
Budi Cahyana
Mahasiswa UMY Mengadakan Health Promotion dan Senam Bersama di Spanyol Mahasiswa Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dalam program pengabdian masyarakat di Kota Barcelona, Spanyol (Sabtu, 28 - 10).

Advertisement

JOGJA—Untuk menjaga jantung tetap sehat, dapat dilakukan dengan mengontrol kadar kolesterol, pola makan yang baik, aktivitas fisik yang cukup, tidak merokok, mengontrol gula darah dan mengontrol tensi darah serta dengan pola hidup yang sehat.

Paparan ini disampaikan oleh tiga orang mahasiswa Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), yaitu: Micheel Margaretha Rumokoy, Dwi Yulianingsih, dan Senny Pongoh dalam program pengabdian masyarakat di Kota Barcelona, Spanyol (Sabtu, 28/10). Program yang dilaksanakan adalah Health Promotion dan Senam Cinta Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurut salah satu mahasiswa, Micheel, program pengabdian masyarakat ini, merupakan bagian tak terpisahkan dari program International Practice yang diselenggarakan oleh Program Magister Keperawatan UMY. “Kami sebetulnya sudah mulai praktik di Spanyol sejak tanggal 3 Oktober 2022 yang lalu,” ujar perempuan asal Manado ini melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Selasa (1/11/2022).

Praktik lapangan yang dilakukan oleh Micheel, Dwi dan Senny ini bertempat di Rumah Sakit Vall d'Hebron, bagian Pulmonology dan Kardiologi. “Aktifitas kami ya sehari-hari ya, mendampingi pasien di dua bagian tersebut, sesuai dengan peminatan kami yang kami ajukan kepada pihak kampus UMY,” tambah Senny.

Sebagaimana dilansir di laman Magister Keperawatan UMY, aktivitas ini merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, dan ditempuh pada Blok V semester III dengan bobot 4 SKS. Hingga saat ini telah terdapat 8 (delapan) institusi pendidikan keperawatan dan rumah sakit pendidikan tujuan mahasiswa ingin mengikuti program ini, yang tersebar di Thailand, Taiwan, Malaysia, Filipina, China dan Spanyol.

Sementara itu Dwi Yulianingsih menyebut bahwa mereka juga harus melakukan tugas untuk menghandle pasien tertentu serta melakukan systematic review terhadap selama melakukan program ini. “Mengingat dari hasil praktek kami, ada begitu banyak pasien yg mengalami sakit Jantung sehingga kami tertarik utk menangkat ini, agar menjaga kesehatan jantung sedini mungkin,” tutur Dwi.

Acara yang berlokasi di Estàtua de Bonaventura Carles Aribaum, Barcelona ini bertajuk "Unleashing the Hero within Us”, dan diinisiasi oleh mahasiswa IISMA Universitat Pompeu Fabra Barcelona. Selain Health Promotion, dan Senam Bersama, aktivitas ini didukung pula oleh Diaspora Catalunya, Persatuan pelajar Indonesia (PPI) Spanyol serta Pimpinan Cabang Istimewa Muhamamdiyah (PCIM) Spanyol serta Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dengan menghadirkan stand photobooth bagi para pengunjung, juga traditional games serta pengenalan budaya Indonesia bagi warga yang ada di Barcelona, sebagaimana dituturkan pula oleh Faiza Husnayeni Nahar, mahasiswa PhD di Universidad de Granada dan juga Sekretaris PCIM Spanyol. (***)

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Lowongan 88.370 PPPK Tenaga Kesehatan

News
| Minggu, 27 November 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement